Cara Menyelamatkan Diri Saat Pesawat Mendarat Darurat

Monday, January 5, 2015
Cara menyelamatkan diri

Musibah yang menimpa penumpang dan kru pesawat Air Asia QZ8501 membuka mata masyarakat Indonesia dan dunia terus belajar. Karena dengan musibah ini kita bisa mengambil hikmahnya yaitu bagi mereka yang sering atau akan melakukan aktivitasnya menggunakan pesawat terbang untuk belajar bagaimana cara menyelamatkan diri saat pesawat mendarat darurat di perairan. 

Siapa pun tidak ada yang menghendaki yang namanya musibah. Tetapi sebagai manusia tidak ada salah untuk belajar dan berusaha terlebih dahulu. Urusan nyawa semuanya sudah di atur oleh Sang Pencipta. Untuk itu kita sebaiknya mengetahui bagaimana cara menyelamatkan diri saat pesawat mendarat darurat terutama di perairan.

Berikut cara menyelamatkan diri saat pesawat mendarat darurat di perairan

  1. Jangan panik tetaplah tenang saat mengetahui pesawat akan mendarat darurat di perairan. 
  2. Penumpang harus berpikir jernih mendengar instruksi dari cabin crew, manfaatkan waktu yang ada. 
  3. Pakailah pelampung yang telah disediakan oleh maskapai untuk menyelamatkan diri sebelum membantu orang lain. Biasanya pelampung berada di bawah kursi penumpang. 
  4. Penumpang berpostur kuat biasanya ditempatkan di dekat pintu darurat (Emergency Exit), inilah alasannya agar mereka bisa membuka pintu darurat tersebut lebih cepat. 
  5. Jika pendaratan berhasil dilakukan maka pilot akan menghubungi ATC (Air Traffic Control) untuk memberitahukan kondisi yang dihadapi. 
  6. Setelah pintu berhasil dibuka, penumpang yang telah menggunakan pelampung dapat segera keluar ke perairan untuk menghindari bahaya yang lebih besar dari pesawat. 
  7. Saat mengapung di laut atau di perairan hematlah energi tubuh sambil berupaya meminta dan menunggu bantuan pihak terdekat. 
Mudah-mudahan tips ini bermanfaat bagi Anda yang sering melakukan penerbangan baik di dalam maupun ke luar negeri. 

Sumber

0 komentar:

Post a Comment test