Prediksi Tren Blogger Indonesia Tahun 2015

Monday, January 5, 2015
Kopdar Blogger

Tahun 2015 baru berjalan beberapa hari, sebagai seorang blogger tentu harus optimis menghadapi tahun yang penuh persaingan ini. Begitu juga dalam hal tulis-menulis dalam dunia perbloggeran. Persaingan dengan sesama blogger untuk berkompetisi secara sehat baik dalam lomba menulis dan juga mendapatkan penghasilan akan semakin ketat. 

Jika Anda seorang blogger pemula tentu sedang mencari bentuk kategori blog apa yang akan berkibar di tahun 2015. Blogger kategori apa saja yang akan banyak dicari oleh brand atau merek untuk mengiklankan produk atau jasanya atau istilahnya kampanye produk atau jasanya.

Pada tahun 2014, banyak blogger yang sering mendapatkan job review atau mengulas suatu produk atau jasa tertentu selain menggunakan media blog juga memanfaatkan media sosial seperti twitter atau yang dikenal dengan istilah buzzer tetapi untuk tahun 2015 sepertinya akan bergeser menggunakan media sosial yang lain dan aplikasi perpesanan seperti instagram, path, Pinterest, linked In, BBM, Line, dan WhatsApp. 

Pasalnya sekarang banyak jasa buzzer yang bisa menjadikan trending topik hanya dalam hitungan menit dan dengan menggunakan apliaksi tertentu dan bayaran yang relatif murah, bahkan hanya dengan memberikan pulsa puluhan ribu saja. Oleh karena itu banyak brand atau merek yang mengganti jasa tersebut dan tetap menggunakan jasa blogger untuk memberikan brand image yang positif. Selain itu untuk meningkatkan SEO dari brand tersebut. 

Inilah prediksi blogger yang akan berkibar di tahun 2015
  1. Blogger Tekno. Blogger tekno, gadget dan telekomunikasi masih tetap berkibar di tahun 2015. Pasalnya banyak brand atau merek baru yang berburu tulisan blogger yang menarik sehingga tulisannya dibaca oleh ribuan bahkan ratusan ribu pengunjung. 
  2. Travel Blogger. Travel Blogger masih tetap dibutuhkan oleh jasa pariwisata dan pemerintah untuk turut serta dalam memasarkan produk-produknya terutama obyek wisata, jasa penginapan, jasa transportasi, cinderamata dan lain sebagainya. Terutama menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) 2015.
  3. Fashion Blogger. Blogger yang hobi mengulas tentang pakaian ini akan menjadi incaran brand-brand baik lokal maupun internasional termasuk toko online yang menjual pakaian dan aksesoris. Blogger ini akan semakin banyak dicari oleh brand atau perusahaan toko online dan toko atau butik pakaian. 
  4. Family Blogger. Blogger yang membahasa tentang permasalahan anak dan keluarga diprediksi akan semakin melambung seiring banyaknya brand lokal yang bermain di ranah ini. Baik dari brand pakaian, obat-obatan, dan alat kesehatan. 
  5. Blogger Otomotif. Selain blogger-blogger tadi, blogger yang membahas tentang dunia otomotif akan semakin kebanjiran rejeki karena persaingan di ranah otomotif baik itu sepeda motor maupun mobil terbilang masih sedikit.
  6. Foto Blogger. Kini mulai banyak blogger-blogger yang hanya menampilkan foto-foto di blognya dengan hanya sedikit deskripsi tulisan. Mereka lebih memilih mengeksplorasi foto dibandingkan dengan tulisannya. 
Itulah prediksi saya menghadapi tahun 2015. Blogger juga masih akan tetap mendapatkan penghasilan dari iklan, tetapi iklan yang diinginkan oleh brand sekarang sudah ke CPA (Click Per Action), yang artinya brand akan membayar jika ada aksi atau tindakan dari iklan yang dipasarkannya sesuai dengan target yang diinginkan. 

Kalau di tahun 2014 dengan follower seribuan sudah bisa mendapatkan job atau buzzer, kini di tahun 2015 yang dicari adalah blogger dengan follower lebih dari 5.000 dengan catatan bukan bot. Sekarang brand lebih memiliki media sosial lain seperti Instagram, Path, Pinterest dan Linked In. Selain itu melalui aplikasi perpesanan seperti BBM, Line, dan WhatsApp. 

Sedangkan untuk job review, kini para brand sudah mulai cerdas dengan menerapkan sistem paket tidak mau hanya melihat dari sisi tulisan saja, tetapi brand ingin melihat jumlah pageview ke tulisannya, jumlah viewer ke blognya tetapi juga menggunakan media sosial untuk menunjang tulisan tersebut. 

Sementara itu untuk Komunitas Blogger di Indonesia ada dua prediksi dimana ada beberapa komunitas blogger yang semakin tenggelam karena tidak ada kegiatan, ada pula komunitas blogger yang baru beberapa tahun berdiri semakin berkibar walaupun tidak ada sponsor atau iklan. 

Mereka bisa mendapatkan cara melalui menjual merchandise seperti kaos, pin dan lain sebagainya, selain itu ada yang melalui jasa review kepada perusahaan lokal yang ada di sekitarnya. Serta mengumpulkan dana dari para donatur. 

Tapi saya sudah mengingatkan kepada murid-murid saya bahwa ngeblog bukan hanya mencari uang, tetapi juga kepuasan ketika tulisan dibaca oleh banyak orang dan bermanfaat untuk orang lain, merupakan kebahagiaan tak ternilai melebihi dari mendapatkan hadiah dari lomba blog. Apalagi tulisan kita bisa membantu orang lain yang membutuhkan. 

Itulah prediksi dan analisa saya tentang tren blogger Indonesia tahun 2015. Anda boleh setuju atau tidak dengan pendapat saya. Anda bisa berbagi pendapat Anda di komentar. Terima kasih Salam dari Komunitas Blogger Indramayu.
Loading...

0 comments:

Post a Comment test