Dec 30, 2015

PanduApp, Aplikasi Untuk Semua Anggota dan Pencinta Pramuka

PanduApp, Aplikasi Untuk Semua Anggota dan Pencinta Pramuka

PanduApp

Seperti kita ketahui bersama, Gerakan Pramuka adalah gerakan pendidikan non-partisan sukarela bagi kaum muda. Tujuannya adalah untuk memberikan kontribusi terhadap perkembangan anak-anak muda dalam mencapai potensi fisik, intelektual, emosional, sosial dan spiritual penuh mereka sebagai individu, sebagai warga negara yang bertanggung jawab dan sebagai anggota masyarakat lokal, nasional dan global. 

Di penghujung tahun 2015 Gerakan Pramuka Indonesia melakukan gebrakan khususnya saka telematika, dengan dikeluarkannya aplikasi untuk anggota pramuka Indonesia. Aplikasi yang sebelumnya masih beta kini sudah rilis versi resminya dan bisa didownload secara gratis di Google Play. Aplikasi pramuka ini diberinama PanduApp.

PanduApp, layaknya media sosial lainnya yang sering digunakan oleh anggota pramuka di Indonesia. Tetapi yang membedakan dengan aplikasi media sosial lainnya adalah Aplikasi ini dibuat untuk anggota Pramuka yang tersebar di Indonesia, yang menurut data jumlahnya mencapai 26 Juta dari anak pelajar hingga orang dewasa. Jumlah ini sayang kalau tidak digunakan untuk hal-hal yang positif. 

Kelebihan dari aplikasi jejaring sosial PanduApp ini adalah dapat memfilter hal-hal negatif jika salah satu anggota pramuka memasukkan konten yang tidak sesuai dengan norma susila dan hukum yang berlaku di Indonesia. Karena admin Pandu App akan bekerja 24 jam dan segera menghapus konten negatif tersebut. 

Aplikasi PanduApp versi Website

Aplikasi Pandu App bisa digunakan di semua perangkat karena berbasis website, tetapi untuk perangkat Android terdapat aplikasi khusus dan sudah bisa mendownloadnya. Aplikasi PanduApp anggotanya terdiri dari Anggota Dewasa dan Peserta didik. 

Untuk Anggota Dewasa digunakan untuk para pembina, pelatih, pengurus Kwaran, Kwarcab, Kwarda, dan Kwarnas atau bisa juga orang dewasa yang aktif dalam kepramukaan. Anggota Dewasa akan diverifikasi terlebih dahulu oleh administrator. 

Sementara untuk Pelajar bisa langsung register atau mendaftar. Aplikasi ini juga memiliki berbagai fitur seperti Kuis, Agenda Saya, Materi Pelatihan, dan Daftar Anggota. Seperti halnya jejaring sosial lain, Pandu App juga memiliki permintaan pertemanan, pemberitahuan dan kotak pesan. 

Aplikasi ini juga memberikan poin atau penghargaan jika Anda sering memberikan kebaikan kepada teman-teman di jejaring sosial ini. Poinnya dari 0, 1, 2, 3 dan seterusnya. Uniknya lagi kita bisa berteman atau mencari teman dengan anggota Pramuka dimana pun kita berada. Misalnya Pramuka dari Jawa Barat sedang jalan-jalan ke Bali kemudian sedang jalan-jalan di Bali, Anda tinggal tekan lokasi saja maka Anda akan menemukan rekan Pramuka di Bali. 

Dengan hadirnya aplikasi ini tentu akan menambah semarak lagi dunia kepramukaan di Indonesia karena bisa berjejaring sosial, belajar hingga berorgansisasi. Kami mengapresiasi aplikasi ini untuk disebarluaskan kepada anggota Pramuka seluruh Indonesia. 

Bagi Anda pengguna Android, Aplikasi PanduApp ini sudah bisa download PanduApp di Play Store di sini. Oleh karena itu ayo kita gairahkan kembali Kepramukaan Indonesia salah satunya dengan pemanfaatan teknologi, informasi dan komunikasi agar pramuka Indonesia tidak tertinggal dengan kepanduan dari negara lain.
PanduApp, Aplikasi Untuk Semua Anggota dan Pencinta Pramuka
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon