Sep 4, 2017

Prosesor Ini Diklaim Lebih Hebat Dari Apple dan Samsung

Prosesor Ini Diklaim Lebih Hebat Dari Apple dan Samsung

Salah satu smartphon Huawei menggunakan prosesor terbaru dari Kirin (Gambar Techandroids.com) 

Saat ini ada beberapa perusahaan pembuat chip mobile, selain Apple ada Mediatek, Qualcomm, dan Samsung. Tidak mau ketinggalan Huawei juga merancang chip mobile buatan sendiri yang diberi nama Kirin. Bahkan anggota terbaru dari keluarga prosesor tersebut, yang disebut Kirin 970, baru saja diperkenalkan dalam ajang IFA di Berlin Jerman. 

Kirin 970 terbilang istimewa karena di dalamnya tertanam dukungan platform kecerdasan buatan (Artifical Intelligence, AI) yang kabarnya bakal menjadi salah satu fitur unggulan yang disematkan pada smartphone masa depan.

Chief Executive bisnis konsumer Huawei, Richard Yu, mengatakan bahwa AI yang terintegrasi di chip Kirin 970 bisa membuat ponsel lebih personal untuk penggunanya, sekaligus mampu melakukan berbagai tugas rumit seperti menerjemahkan bahasa secara real time sekalipun. 

Chipset Kirin 970 juga disebut memiliki kinerja tinggi dan hemat daya sehingga Yu mengklaim chip tersebut bisa mengalahkan hardware sejenis dari para kompetitor yang selama ini sudah lebih dulu mengeluarkan produk chipsetnya. 

Bahkan bila dibandingkan dengan Apple dan Samsung, kami punya kelebihan,” ujar Yu sebagaimana diungkap dari Reuters, Senin (4/9/2017). “Pengguna bisa mendapat kinerja lebih kencang, baterai lebih tahan lama, dan desain ponsel lebih ringkas.” 

Prosesor Kirin 970 dibekali 8 core CPU dan 12 Core GPU. Huawei memproduksi chip yang dinamai sebagai “Neural Processing Unit” yakni menggunakan dengan proses fabrikasi 10 nanometer di pabrik manufaktur milik TSMC. 

Huawei sendiri merupakan salah satu pabrikan smartphone terbesar ketiga di dunia, setelah Samsung dan Apple yang masing-masing duduk di urutan pertama dan kedua. Perangkat yang akan diumumkan tanggal 16 Oktober 2017 tersebut diberi nama Huawei Mate dan Mate 10 Pro. Dikutip dari Techandroids.com (04/09/2017).
Prosesor Ini Diklaim Lebih Hebat Dari Apple dan Samsung
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon