ASUS Zenfone 5Z Smartphone yang Memiliki 6 Kecerdasan Tiruan

Jumat, 18 Mei 2018
ASUS Zenfone 5Z (Dok. Pribadi)

ASUS kembali memperkenalkan smartphone terbarunya di Indonesia, yakni ASUS Zenfone 5, ASUS Zenfone 5Z dan ASUS Zenfone Live L1. Seri premium yang dihadirkan di Indonesia adalah ASUS Zenfone 5Z karena sudah menggunakan prosesor Snapdragon 845 pertama di Indonesia. 

Smartphone ini memang tidak berbeda dengan ASUS Zenfone 5 yang membedakan hanya besaran RAM dan memori internal saja. Kalau ASUS Zenfone 5 menggunakan RAM 4GB, sedangkan ASUS Zenfone 5Z sudah menggunakan RAM 6GB dan 8GB serta penyimpanan internal 128GB dan 256GB.

Sama halnya dengan ASUS Zenfone 5, ASUS Zenfone 5Z memiliki spesifikasi yang sama termasuk fitur AI (Artificial Intelligent) atau Kecerdasan Tiruan. Berikut fitur AI (Artificial Intelligent) yang terdapat pada ASUS Zenfone 5Z atau ASUS Zenfone 5 : 

AI Camera, yakni fitur pada kamera ASUS Zenfone 5Z yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas fotografi lebih baik termasuk di dalamnya ada fitur AI Scene Detection yang mampu mengenali 16 skenario momen atau objek pemotretan. 

AI Photo Learning dan Real Time Beautification yakni fitur yang mempelajari karakteristik dan keunikan hasil fotografi yang dapat menyesuaikan tone warna foto sesuai dengan karakteristik Anda ke depannya. 

AI Boost, yakni fitur yang berfungsi mengoptimasi performa CPU menjadi lebih baik, ini terlihat dari score benchmark Antutu ASUS Zenfone 5Z yang melebihi kompetitornya. Score Antutu Zenfone 5Z mencapai 274499. Jika ingin prosesor lebih cepat maka gunakan fitur ini tetapi jika ingin smartphone ini lebih hemat maka jangan menggunakan fitur ini. 

AI Ringtone yakni fitur yang disematkan pada ASUS Zenfone 5 atau 5Z dimana memiliki kemampuan suara ringtone yang dapat menyesuaikan dengan keadaan di sekitar. Saat kondisi ramai maka ringtonenya akan berbunyi dengan keras, sedangkan dalam kondisi sunyi ringtonenya berbunyi dengan pelan. 

AI Display yakni kemampuan layar smartphone ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan smartphone lain dimana layar akan meredup dan kemudian mati saat layar tidak digunakan. Tetapi saat layar sedang digunakan maka layar akan menyala terus. Selain itu warna di layarnya menyesuaikan dengan termperatur yang ada saat digunakan. 

AI Charging, smartphone ini memiliki kemampuan untuk memperlambat penuan baterai. Selain itu smartphone ini memiliki fitur kecerdasan tiruan saat mengisi ulang di mana smartphone ini memiliki kemampuan isi ulang yang cepat. 

Berikut spesifikasi smartphone ASUS Zenfone 5Z

Desain 
Smartphone ASUS Zenfone 5Z memiliki desain yang indah dan memukau. Menggunakan bahan materai berbahan kaca yang spesial yang dibuat dengan Nano Molding Technology (NMT) yang melapisi bodi berbahan alumunium alloy aerospace grade di bawahnya. 

Layar 
 ASUS Zenfone 5 memiliki layar berukuran 6,2 inci lebih lebar dari Zenfone 4 yang hanya memiliki layar 5,5 inci, tetapi layarnya hampir sama dengan Zenfone 4. Layarnya Full HD+ dengan resolusi 2246x1080 piksel dengan kecerahan 550nits. 

Kelebihan dari layar ASUS Zenfone 5 adalah layarnya yang memiliki notch atau poni tetapi poninya bisa dengan otomatis hilang dari layar. Tampilan layarnya cukup cerah dan lebih kaya warna, dan layarnya dilindungi oleh Corning Gorilla Glass. 

Kamera 

Kamera ASUS Zenfone 5Z

Smartphone ASUS Zenfone 5 memiliki layar utama ganda yakni menggunakan sensor Sony IMX363 12MP dual pixel image sensor dengan aperture F/1.8 serta dilengkapi dengan kamera sekunder dengan kemampuan sensor 8MP dengan aperture F/2.0, dan memiliki 120° wide-angle kamera yang dapat menghasilkan foto bokeh dengan menggunakan mode potret. 

Sementara itu smartphone ini memiliki kamera depannya menggunakan sensor 8MP serta aperture F/2.0 dan 140 ° wide-angle camera. Hasil dari jepretan smartphone ini sangat memuaskan baik dengan menggunakan kamera depan atau belakang. 

Menariknya fitur kameranya memiliki AI Camera yakni fitur menarik dari aplikasi kameranya dimana terdapat pilihan deteksi otomatis seperti makanan, Langit, lapangan hijau, tanaman, matahari terbenam, salju, bunga, panggung, anjing, kucing, orang, teks tripod, QR Code, dan Pemandangan malam. 

Sedangkan fitur kamera depannya memiliki kemampuan mode otomatis untuk kondisi malam, potret, mode kecantikan, GIP animasi, dan selfie panorama. Bahkan Anda tidak usah belajar fotografi lagi karena hasilnya akan memuaskan. 
Bagian Bawah ASUS Zenfone 5Z (Dok. Pribadi)

Prosesor 
ASUS Zenfone 5Z menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragaon 845 yang merupakan smartphone pertama yang menggunakan prosesor ini di Indonesia. Sedangkan GPU yang digunakan ASUS Zenfone ZS620KL menggunakan GPU Adreno 509. 

Memori 
Smartphone ini menggunakan RAM LPDDR4 6GB dan 8GB untuk versi ZS620KL. Sedangkan penyimpanan internalnya terdiri 128GB dan 256GB untuk versi ZS620KL. Sedangkan memori eksternal yang bisa ditambahkan hingga 2TB. 

2 Slot 
Sayangnya smartphone ini memiliki dual slot hybrid, dimana 1 slot untuk SIM Card dengan jenis Nano SIM Card dan sudah mendukung jaringan 2G/3G dan 4G, sedangkan slot keduanya bisa digunakan untuk Nano SIM Card atau MicroSD hingga 2TB. 

Bagian belakang ASUS Zenfone 5Z (Dok. Pribadi)

Baterai 
Smartphone ini memiliki kemampuan baterai dengan kapasitas 3300mAh, yang dapat digunakan selama seharian. Apalagi smartphone ini memiliki prosesor yang hemat daya, serta dilengkapi dengan pengisian ulang cepat. Kabel untuk isi ulang dan transfer datanya menggunakan kabel USB Type C. 

Harga 
Smartphone ASUS Zenfone 5Z dengan RAM 6GB dan memori internal 128GB dibanderol dengan harga Rp. 6.499.000,- dan ASUS Zenfone5Z dengan RAM 8GB dan memori internal 256 dibanderol hanya Rp.7.499.000,- .

2 komentar for ASUS Zenfone 5Z Smartphone yang Memiliki 6 Kecerdasan Tiruan :

  1. Kameranya cocok buat saya yang hoby photo-photo. Mantap sekali.

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam