Format Import Penilaian Dari Excel Ke e-Rapor SMP

Jumat, 30 November 2018
Format import nilai pengetahuan dan keterampilan dari excel ke e-rapor

Sebentar lagi bapak dan ibu guru yang mengajar berbagai mata pelajaran di tingkat satuan pendidikan SMP (Sekolah Menengah Pertama) atau MTs (Madrasah Tsanawiyah) akan disibukkan dengan berbagai macam penilaian. 

Apalagi tahun ini sudah hampir semua sekolah sudah menggunakan kurikulum 2013. Perlakuan penilaian dan formatnya pun berbeda karena harus memasukkan nilai e-rapor yang sudah terintegrasi ke Dapodik (Data Pokok Pendidikan) sekolah masing-masing.

Kalau pada tahun-tahun yang lalu masih menggunakan aplikasi menggunakan Microsoft Excel dari satuan pendidikan masing-masing, tahun ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mewajibkan sekolah-sekolah menggunakan aplikasi e-Rapor untuk SMP yang terintegrasi dengan Dapodik. 

Pada pelaksanaannya memang masih banyak admin atau operator sekolah, guru mata pelajaran, guru Bimbingan dan Konseling, dan wali kelas yang kebingungan format apa yang harus diisi untuk dimasukkan ke e-Rapor SMP. 

Sebenarnya pemerintah sudah menyediakan panduan e-Rapor SMP melalui websitenya. Tetapi sosialisasinya belum menyeluruh hingga semua guru. Nah bagi Anda yang ingin membaca panduannya silakan baca di sini

Tetapi bagi bapak dan ibu guru mata pelajaran yang ingin mengetahui cara menginput data secara manual terlebih dahulu sebelum dimasukkan atau diimport ke dalam aplikasi e-Rapot, berikut format penilaian dari Microsoft Excel ke e-Rapor SMP : 




Catatan : Dalam format penilaian ini mungkin bapak dan ibu guru mata pelajaran masih bingung dengan KD (Kompetensi Dasar) yang tidak sesuai dengan yang sebenarnya. Karena KD yang sebenarnya terlalu panjang maka yang tercantum di aplikasi ini sudah disingkat, tetapi saat mengupload ke e-Rapot data ini akan menyesuaikan.

0 komentar:

Posting Komentar test