Nov 27, 2018

Ingin Produktivitas Bisnis Meningkat, Cek 4 Faktor Pendukung Kinerja Karyawan

Ingin Produktivitas Bisnis Meningkat, Cek 4 Faktor Pendukung Kinerja Karyawan

Produktivitas Kerja Meningkat

Ada quote bisnis populer yang menyebutkan bahwa, “happy employee is a productive employee”. Jika Anda mendambakan produktivitas perusahaan meningkat, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengecek sejauh mana kesejahteraan karyawan Anda. 

Tentu saja, divisi yang bertanggung jawab terhadap pengelolaan dan kesejahteraan karyawan ini merupakan divisi HR (Human Resources). Sebelum menggenjot produktivitas bisnis, tidak ada ruginya untuk terlebih dahulu memeriksa faktor–faktor pendukung kinerja karyawan saat bekerja, sebagai berikut:
  1. Peralatan kantor/perlengkapan kerja. Karyawan akan bekerja lebih nyaman, gembira dan produktif jika perusahaan sudah menyediakan alat–alat bantu yang mempermudah dan menyederhanakan tugas mereka saat bekerja. Sebagai contoh, di perusahaan ternama dunia, menyediakan segway atau run wheel agar mobilitas karyawan bisa lebih cepat dari satu area ke area lain di dalam lingkungan perusahaan. Contoh lain, mesin fotokopi. Daripada karyawan repot menghabiskan biaya dan tenaga ke luar kantor untuk fotokopi, lebih praktis jika memiliki mesin fotokopi milik perusahaan.
  2. Suasana kerja. Faktor pendukung produktivitas karyawan selanjutnya adalah suasana atau lingkungan kerja. Tidak hanya masalah desain ruang kerja atau kebersihan semata, teman–teman kantor juga sangat berpengaruh terhadap produktivitas kerja. Bayangkan, jika di kantor sering terjadi perselisihan tidak sehat, gosip, saling sikut dan mencari muka, lingkungan kerja yang buruk tentu membuat karyawan tidak betah. Jadi, tugas tim HR memastikan apakah setiap karyawan sudah bekerja dengan nyaman. 
  3. Tanggung jawab kerja. Sekali lagi, keterlibatan karyawan sangat penting untuk menyalakan semangat dan antusiasme karyawan yang bekerja. Setiap hari mengerjakan tugas yang sama secara monoton, tentu bisa menimbulkan kejenuhan. Tim HR perlu merancang langkah–langkah yang lebih kreatif agar karyawan merasa kembali berenergi dan melupakan kejenuhan. Misalnya, bisa memberikan jatah cuti liburan, penghargaan atau pelatihan motivasi agar menjaga kekompakan dan passion mereka saat bekerja untuk mencapai tujuan perusahaan.
  4. Bonus dan Insentif. Tidak bisa dipungkiri, segiat apa pun karyawan bekerja akan sangat naif bila mengabaikan masalah finansial. Memberikan bonus atau insentif adalah salah satu langkah paling ampuh untuk menyuntikkan produktivitas karyawan. Mendorong semangat dan antusiasme karyawan dalam bekerja tidak sulit jika tim HR dibekali software HRIS gratis maupun berbayar yang membantu menyelesaikan tugas – tugas HR. 
LinovHR adalah teknologi yang menerapkan HRIS untuk menunjang produktivitas bisnis Anda selalu unggul dan bersiap menghadapi persaingan. Manfaatkan software HRIS gratis, LinovHR untuk melaksanakan berbagai prosedur HR yang rumit jika dilakukan manual. Seperti perhitungan gaji karyawan, lembur, THR, bonus dan insentif, hingga asuransi BPJS dan perhitungan pajak PPH 21, masih banyak fitur software hris LinovHR yang anda dapat lihat disini. Software HRIS gratis, LinovHR menyajikan data secara transparan berbasis website yang lebih efektif dan efisien. Cobalah LinovHR sekarang juga tanpa biaya apa pun alias gratis.
Ingin Produktivitas Bisnis Meningkat, Cek 4 Faktor Pendukung Kinerja Karyawan
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon