Kisi-kisi, Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Semester Genap Kurikulum 2013

Sunday, February 24, 2019
Soal Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester Genap

Bagi bapak dan ibu guru SMP tidak terasa, sebentar lagi akan memasuki akhir semester genap. Biasanya bapak dan ibu guru akan disibukkan dengan membuat soal untuk (PAT) Penilaian Akhir Tahun Ujian Akhir. 

Pada kesempatan ini kami akan berbagi soal-soal yang mungkin bisa dijadikan referensi untuk Penilaian Akhir Tahun khususnya pelajaran Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Semester genap Kurikulum 2013 yang dilengkapi dengan kisi-kisi dan jawabannya.

Berikut kumpulan Soal-soal Penilaian Akhir Tahun Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 Semester genap : 

I. Pilihan Ganda
1. Bacalah paragraf-paragraf berikut dengan cermat!
1) Kunang-kunang adalah sejenis serangga yang dapat mengeluarkan cahaya yang jelas terlihat saat malam hari. Cahaya ini dihasilkan oleh “sinar dingin” yang tidak mengandung ultraviolet maupun sinar inframerah. Terdapat lebih dari 2000 spesies kunang-kunang yang tersebar di seluruh dunia
2) Hujan terbentuk melalui beberapa tahapan. Pembentukan hujan diawali dengan proses penguapan air oleh sinar matahari. Matahari yang menyinari bumi dapat menimbulkan efek panas sehingga menyebabkan ai danau, sungai , dan laut menguap ke udara.
3) Film 5cm adalah film drama Indonesia yang dirilis pada 12 Desember 2012. Film ini merupakan film yang diadaptasi dari sebuah novel dengan judul yang sama dari salah satu karya novelis muda Indonesia Donny Dhirgantoro. Film yang disutradarai oleh Rizal Mantovani ini diperankan oleh Fedi Nuril sebagai Genta, Denny Sumargo sebagai Arial, Raline Shah sebagai Riani, Igor Saykoji sebagai Ian, Herjunot Ali sebagai Zafran, dan Pevita Pearce sebagai Adinda.
4) Ada yang menarik dari novel ini. Mungkin karena Pak Darwis Tere Liye adalah dosen dikampus saya, Universitas Indonesia. Maka latar yang ia sampaikan dalam novel ini benar benar saya rasakan layaknya dalam kehidupan nyata.
Paragraf yang termasuk teks ulasan adalah ....
A. (1) B. (2) C. (3) D. (4)

Bacalah teks ulasan berikut ini dengan cermat! Jawablah soal nomor 2, 3, 4,!
Cerita Perahu Kertas karya Dewi Lestari merupakan novel yang dikemas secara menarik. Tema yang diangkat merupakan tema umum, yakni tentang persahabatan dan cinta. Novel ini ditulis dengan gaya bahasa sehari hari yang sederhana sehingga mudah dipahami, tetapi tetap tidak kehilangan sisi estetiknya. Selain itu, novel ini sarat akan berbagai nilai kehidupan, perjuangan meraih cita cita, dan ideologi. Namun, cukup disayangkan karena penggambaran latar tempat dalam novel itu acapkali berubah-ubah sehingga memungkinkan pembaca mengalami kebingungan dalam mengikuti alurnya. 
2. Objek dalam teks ulasan di atas adalah  ....
A. Teks ulasan buku, berisi penilaian mengenai keunggulan dan kelemahan buku. Jika berupa buku nonfiksi, ulasan sebaiknya dilengkapi dengan alasan pendukung berkaitan dengan objek yang dibahas dalam buku yang dipertanggungjawabkan.
B. Teks ulasan film, berisi penilaian mengenai keunggulan dan kelemahan film disertai alasan mendukung yang berkaitan dengan bidang perfilman.
C. Teks ulasan novel, berisi penilaian mengenai keunggulan dan kelemahan novel disertai alasan mendukung yang berkaitan dengan proses penulisan novel.
D. Teks ulasan cerpen, berisi penilaian mengenai keunggulan dan kelemahan novel disertai alasan mendukung yang berkaitan dengan proses penciptaan karya sastra.

3. Kalimat yang menyatakan kekurangan karya berdasarkan kutipan teks ulasan di atas adalah….
A. Tema yang diangkat adalah tema umum
B. Novel ini ditulis dengan gaya bahasa yang terlalu sederhana
C. Novel ini tidak menunjukan sisi estetik karya sastra
D. Penggambaran latar novel acapkali berubah-ubah

4. Keunggulan karya yang diapresiasi penulis dalam teks ulasan di atas adalah ....
A. Gaya bahasa, nilai kehidupan C. Kemasan cerita, gaya bahasa
B. Kemasan cerita, tema  D. Tema, perjuangan hidup

5. Penulis menuangkan banyak amanat positif yang patut ditauladani. Salah satunya yaitu prinsip utama dalam menikahi wanita bukan hanya karena kecantikan, nasab, maupun hartanya. Namun yang paling penting adalah iman dan ketaqwaan seorang wanita tersebut. Namun sayang. cerita ini lebih ditujukan kepada para pembaca usia dewasa. Karena jika untuk anak-anak imajinasinya belum sampai untuk membaca novel seperti ini.
Kelemahan disertai alasan yang sesuai dengan teks ulasan di atas adalah….
A. Anak anak tidak layak untuk membaca cerita tersebut karena tidak sesuai dengan imajinasi mereka
B. Tema cerita tidak sesuai untuk imajinasi anak anak
C. Bahasa yang digunakan dalam buku ini menggunakan bahasa orang dewasa sehingga tidak cocok dibaca anak- anak
D. Cerita ditujukan pada orang dewasa karena tema yang diangkat tentang pernikahan

6. Cermati teks ulasan berikut!
Rindu, karya sastra dari penulis besar, Darwis Tere Liye. Novel Rindu ini diterbitkan pada tahun 2014. Di dalamnya menceritakan tentang perjalanan panjang sebuah kerinduan. Perjalanan kerinduan yang banyak menimbun beban di hati. Mulai dari bagaimana ia menempuh perjalanan dengan dosa yang tak terhitung di masa lalu. Kemudian seseorang yang menempuh perjalanannya dengan penuh kebencian. Sebuah perjalanan yang disebabkan karena dia yang kehilangan cintanya. Latar waktu pada novel menceritakan pada masa pemerintah Hindia Belanda, yaitu saat Belanda masih menjajah Indonesia.
Kutipan struktur teks ulasan di atas menunjukan bagian ….
A. Orentasi B. analisis    C. evaluasi    D. penafsiran

7. Novel Dilan ini menceritakan tentang kisah romansa anak remaja sekolah tahun 90-an. Para pembaca, apalagi bagi pribumi Bandung, saat membaca novel ini akan ikut merasakan bagaimana suasana Bandung tempo 90-an yang masih asri dengan pohonnya. Novel yang sangat sederhana, dengan alur narasinya yang mudah dipahami. Untuk gaya bahasa juga menyesuaikan tema remaja, khas anak remaja SMA. Dialog yang dikemas dalam novel ini membuat pembaca masuk dalam imajinasi. Ada memang beberapa dialog yang dikemas terlalu singkat. Alur narasi memang bagus, tapi pada penggunaan katanya terdapat ketidak konsistenan.
Kutipan  novel tersebut menunjukan bagian ….
A. orentasi B. analisis C. kesimpulan D. evaluasi

8. Sang Pemimpi masih trilogi dari novel Laskar Pelangi, dari Andre Hirata. Novel ini mengusung tema persahabatan dan perjuangan dalam mengarungi kehidupan serta kepercayaan terhadap kekuatan sebuah mimpi.Dalam novelnya menceritakan tentang sebuah kehidupan tiga orang anak Melayu Belitong, yaitu Arai, Ikal, dan Jimbron yang penuh dengan perjuangan, tantangan, dan lika-liku kehidupan yang memesona. Kisah tokoh tokoh tersebut akan embuat kita yakin adanya kekuatan cinta, percaya pada kekuatan mimpi, dan kekuasaan Allah SWT.
Kalimat yang menggunakan konjungsi penerang dalam teks ulasan di atas adalah ....
A. Sang Pemimpi masih trilogi dari novel Laskar Pelangi, dari Andre Hirata.
B. Novel ini mengusung tema persahabatan dan perjuangan dalam mengarungi kehidupan serta kepercayaan terhadap kekuatan sebuah mimpi.
C. Dalam novelnya menceritakan tentang sebuah kehidupan tiga orang anak Melayu Belitong, yaitu Arai, Ikal, dan Jimbron yang penuh dengan perjuangan, tantangan, dan lika-liku kehidupan yang memesona.
D. Kisah tokoh tokoh tersebut akan membuat kita yakin adanya kekuatan cinta, percaya pada kekuatan mimpi, dan kekuasaan Allah SWT.
Bacalah kalimat berikut ini dengan cermat! Kemudian jawablah soal 9 dan 10 !
(1) Penulis, A. Fuadi, menggambarkan kehidupan di pesantren bagitu nyata sehingga banyak orang yang ingin tahu lebih dalam akan dunia pesantren sebagai pusat pendidikan Islam.(2) Sejak  awal cerita, penulis mampu menghadirkan kehidupan pesantren yang sangat kental dengan motivasi   perjuangan, keluarga dan persahabatan impian sebesar apa pun bisa diraih.(3) Terdapat sedikit kekurangan, yakni dari klimaks ceritanya yang tak begitu menonjol. (4) Ada kurang penjelasan mengenai kehidupan dari beberapa tokoh di akhir cerita. (5) Namun, hal tersebut tidak mengurangi nilai moral yang bisa dipetik pembaca dari perjalanan kehidupan para tokoh (6) Buku ini patut dibaca oleh semua umur terutama kaum remaja dan banyak mengandung amanat.

9. Penggunaan konjungsi temporal terdapat pada kalimat nomor….
A. (1) B. (2) C. (3) D. (5)

10. Kalimat saran  pada teks ulasan di atas ditandai dengan nomor ….
A. (2) B. (3) C. (5) D. (6)

11. Paragraf di bawah ini yang merupakan teks persuasi adalah….
A. Pendidikan adalah hal yang paling efektf dalam memperbarui dunia. Hal tersebut dikarenakan pendidikan dapat digunakan sebagai batu loncatan untuk mengetahui segala informasi serta ilmu yang ada.
B. Sepanjang abad 20 dan 21, gempa telah mengakibatkan banyak kematian dan kerugian material yang sangat besar. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa tak pernah ada peristiwa alam lain dalam sejarah yang berpengaruh langsung pada manusia, selain gempa bumi. Bencana gempa bumi telah menjadi peristiwa yang sangat ditakuti.
C. Pertama, persiapkan diri Anda sebaik-baiknya bila menghadapi situasi atau suasana tertentu. Kedua, pelajari sebaik-baiknya bila menghadapi situasi tersebut. Ketiga, pupuk dan binalah rasa percaya diri. Keempat, setelah timbul rasa percaya diri, pertebal keyakinan Anda. Kelima, untuk menambah rasa percaya diri, kita harus menambah kecakapan atau keahlian melalui latihan atau belajar sungguh-sungguh.
D. Adakah kata-kata sehat yang keluar dari mulut orang gila?" Ini pertanyaan sederhana. Namun, layaknya pertanyaan sederhana, yang ini pun membutuhkan jawaban yang rumit. Celakanya, jawaban dari pertanyaan inilah yang akan menentukan persepsi penonton terhadap Beth, film terbaru garapan sutradara muda Aria Kusumadewa.

12. Bumi adalah tempat tinggal kita. Namun, saat ini bumi kita terancam dengan menipisnya lubang-lubang ozon di atsmofer. Hal ini menyebabkan pemanasan global sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup manusia di bumi. Salah satunnya adalah mencairnya es di kutub yang dapat menutup semua daratan yang ada. Oleh karena itu, kita perlu menjaga bumi agar terhindar dari pemanasan global.Cara pertama untuk menangguangi pemanasan.Cara pertama untuk menaggulangi pemanasan global, yaitu gunakanlah energi alternatif. Kemudian lestarikan hutan untuk mengatasi polusi udara.
Berdasarkan pada kutipan teks persuasi di atas, ajakan yang ingin disampaikan penulis pada pembaca adalah….
A. Penulis mengajak pembaca untuk menjaga bumi dengan cara menggunakan energi alternatif dan melestarikan hutan.
B. Penulis mengajak pembaca untuk mengurangi mencairnya es kutub utara dengan cara menanggulangi pemanasan global.
C. Penulis mengajak pembaca untuk menanggulangi pemanasan global dengan cara menggunakan energi alternatif dan melestarikan hutan.
D. Penulis mengajak pembaca menanggulangi menipisnya ozon yang sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup di bumi.

Cermati teks persuasi berikut! Kemudian jawablah soal 13,14, dan 15!
(1) Dewasa ini, teknologi internet semakin mudah diakses oleh siapa pun. (2) Internet memberikan banyak manfaat yang berdampak positif bagi kehidupan. (3) Contohnya kita bisa dapat banyak informasi, mempermudah komunikasi, bahkan banyak orang yang memanfaatkan peluang bisnis melalui internet. (4) Namun sayang, masih banyak pihak yang menyalahgunakan teknologi ini. (5) Contohnya, semakin maraknya penipuan, pembajakan, bahkan baru baru ini terkuak yakni adanya penculikan akibat interaksi di media sosial dengan orang yang salah.
13. Pihak yang dimaksud oleh penulis dalam teks persuasi di atas adalah…
A. Khalayak umum C. Pengguna internet
B. Pengelola internet D. Pemilik akun media social

14. Pernyataan penulis yang sesuai dengan kutipan teks persuasi di atas adalah…
A. Internet mudah diakses oleh siapapun termasuk anak anak.
B. Internet banyak memberikan manfaat tetapi sering disalahgunakan.
C. Maraknya penipuan, pembajakan, dan penculikan yang berasal dari internet.
D. Masyarakat harus cerdas menggunakan internet.

15. Fakta yang mendukung argumen penulis dalam teks persuasi di atas ditandai dengan nomor…
A. (1) dan (3) B. (3) dan (5) C. (2) dan (4) D. (1) dan (4)
Cermati kalimat kalimat di bawah ini!
(1) Berbagai penelitian membuktikan bahwa menghirup asap rokok dapat meningkatkan risiko timbulnya penyakit, seperti kanker,serangan jantung, impotensi serta gangguan kehamilan.
(2) Banyak sekali kandungan rokok yang membahayakan tubuh kita.
(3) Hindari penggunaan rokok dan bendunglah rasa penasaran kita karena penggunaan rokok tersebut sama sekali tidak bermanfaat bagi kehidupan kita.
(4) Marilah kita cintai diri dan orang orang di sekitar kita dari bahaya asap rokok.
(5) Sudah sepatutnya kita tidak mendekati, mencoba, apalagi menggunakan rokok.

16. Perbaikan urutan kalimat yang tepat agar menjadi teks  persuasi yang padu adalah….
A. (2), (1), (3), (5), (4) C. (2), (1), (5), (4), (3)
B. (1),  (2), (4), (5), (3) D. (1), (2), (5), (3), (4)

17. Kalimat nomor (1) pada Kutipan teks persuasi di atas termasuk bagian…
A. Penegasan ulang karena kalimat tersebut berisi ungkapan untuk meyakinkan kembali pembaca tentang bahaya rokok.
B. Pengenalan isu karena kalimat tersebut berisi pengantar atau penyampaian masalah yang menjadi dasar tulisan atau pembicaraan.
C. Rangkaian argumen karena kalimat tersebut berisi sejumlah fakta yang mendukung pendapat bahaya merokok.
D. Orentasi karena kalimat tersebut berisi gambaran umum topik atau hal yang akan diulas

Cermati teks berikut! Kemudian jawablah soal nomor 18, 19, dan 20!
Smart Phone, Stupid People, slogan itulah yang tepat untuk menggambarkan keadaan manusia sekarang ini. Saat ini banyak manusia telah disibukan oleh teknologi ini sehingga tanpa kita sadari telah membawa kita keluar jauh dari garis hakekat manusia sebagai makhluk sosial.
Sebagaimana makhluk sosial, manusia sangatlah membutuhkan manusia lainnya, tetapi saat ini, kita sudah melupakan itu semua. Kita lebih memilih bermain dengan HP kita dibandingkan dengan teman-teman kita. Kita lebih memilih bertanya dengan HP kita daripada bertanya dengan orang-orang sekitar juga lebih memilih berinteraksi di dunia maya daripada berinteraksi dengan orang-orang baru yang ada di sekitar kita.
18. Istilah teknologi yang digunakan pada kutipan teks persuasi di atas adalah….
A. interaksi sosial B. Ponsel C. dunia maya D. teknologi

19. Kalimat yang menggunakan konjungsi kausalitas pada kutipan teks persuasi di atas adalah….
A. Saat ini banyak manusia telah disibukan oleh teknologi ini akibatnya tanpa kita sadari telah membawa kita keluar jauh dari garis hakekat manusia sebagai makhluk sosial.
B. Sebagaimana makhluk sosial, manusia sangatlah membutuhkan manusia lainnya, tetapi saat ini, kita sudah melupakan itu semua.
C. Kita lebih memilih bertanya dengan HP kita daripada bertanya dengan orang-orang sekitar.
D. Smart Phone, Stupid People, slogan itulah yang tepat untuk menggambarkan keadaan manusia sekarang ini.

20. Kalimat ajakan yang tepat berdasarkan kutipan teks persuasi di atas adalah.…
A. Ayo, kita manfaatkan teknologi internet dengan tepat.
B. Mari, kita berinteraksi dengan orang orang sekitar kita daripada dengan dunia maya.
C. Sebaiknya kita menggunakan media sosial dengan bijak.
D. Seharusnya kita lebih lebih memilih bermain dengan teman teman daripada dengan HP.

Perhatikan ilustrasi drama berikut kemudian jawablah soal nomor 21 dan 22!
Jo : Hey, jalan yang bener dong!  ( keluar dari mobil )
Yuda : (tampak terkejut dan menguasai diri)  Maaf Pak
Jo : (melotot)  maaf, maaf !
(1) Bapak : Sudahlah Jo, dia sudah minta maaf kok, lagipula ayah buru buru nanti terlambat ke kantor (cepat menyusul keluar dari mobil)
Jo : Tidak bias, dia harus diberi pelajaran! (nyaris melayangkan tinju)
(2)  Bapak : Sabar Jo, (melihat kasihan pada Yuda) Kau pergilah Nak!
Yuda : Terima kasih Pak!
(3)  Bapak : Hey, apa yang kau Bawa, Nak? (heran)  Kamu jual lukisan?
Yuda : Iya Pak, ini lukisan kaca
(4)  Bapak : Sungguh baru kali ini aku melihat lukisan kaca, biasanya saya di rumah memajang lukisan kanvas, lukisan kertas, lukisan bulu dan lain lain. Tapi, lukisan ini? Ah ya berapa kamu menjual ini?
Yuda : Yang mana Pak ?
(5)  Bapak : Semuanya, Ah sudah jangan bingung, gini aja gimana kalau lukisan itu saya beli lima juta rupiah
Yuda : Apa? Lima juta!
(6)  Bapak : Apa kurang ?
Yuda : Cu….kup Pak

21. Watak Yuda disertai bukti yang tepat pada kutipan drama di atas adalah…
A. Penakut, buktinya dia tidak berani membalas kekasaran Jo yang hamper memukulnya.
B. Bertanggungjawab, buktinya dia tidak malu untuk meminta maaf pada Jo atas kesalahannya.
C. Pencinta seni, buktinya ia rela menjual lukisan di pinggir jalan.
D. Rendah diri, buktinya ai gugup saat lukisannya ditawar lima juta oleh Bapak.

22. Bukti latar waktu  terdapat pada dialog bernomor…..
A. (1) C. (4)
B. (3) D. (6)
Cermati teks drama berikut! Kemudian jawablah soal nomor 23,24, dan 25!
Senja pun menghampiri desa Kenok, Masut sedang duduk duduk di balai bambu dengan gurunya.
(1) Masut : Guru terimakasih banyak atas ilmu yang engkau berikan kepadaku, apalah artinya diriku andai tidak ada guru.
(2) Guru    : Masut, Masut! Kamu harus tahu barang siapa yang mempunyai ilmu, walaupun sedikit harus diberikan kepada orang lain.
(3) Istri Masut : (Masuk membawa teh hangat) Akan lebih baik kalau mengobrol sambil minum Teh hangat.
(4) Guru        : bisa saja istri kamu (tertawa)
(5) Masut : Mari diminum  Pak, mumpung masih hangat (mengambilkan teh untuk guru)
(6) Guru : Usaha kamu sekarang kelihatan semakin sukses.

23. Dialog pada kutipan teks drama di atas yang hanya berisi wawancang/dialog ditandai dengan nomor.…
A. (1) C. (3)
B. (4) D. (5)

24. Dialog pada kutipan teks drama di atas yang berisi kramagung/keterangan lakuan ditandai dengan nomor.…
A. (1) C. (2)
B. (3) D. (6)

25. Amanat  yang tepat sesuai dengan kutipan teks drama  di atas adalah…
A. Kita harus menghormati mantan guru kita walaupun kita sudah sukses
B. Tuntutlah ilmu sampai ke negeri seberang agar kita bisa menjadi sukses
C. Meski kita sudah sukses, jangan lupakan jasa guru
D. Kita harus lebih banyak memuji guru yang mendidik kita

Cermati kutipan teks drama berikut! Kemudian jawablah soal nomor 26, 27, 28, dan 29!
(1) Para pelaku :
Jidul : Anak laki laki berusia 15 tahun
Pak Pikun : Pembantu rumah tangga berumur 40 tahun
Ibu : Nyonya rumah berumur sekitar 40 tahun
Tritis : Gadis 18 tahun
(2) Kisah ini terjadi di sebuah ruang tamu keluarga yang cukup terpandang. Terdapat berbagai perlengkapan yang lazim di ruang tamu, tetapi yang terpenting ialah seperangkat meja dan kursi tamu. Dengan penuh keriangan, si Jidul membersihkan meja dan kursi kursi.
(3) Pak Pikun : (muncul langsung menuju ke arah Jidul ) Ayo ! Mana !Berikan kembali Padaku,! Ayo! Mana!
Jidul : (ber -ah uh, sambil memberikan isyarat ketidak mengertiannya )
Pak Pikun : Jangan berlagak bodoh! Siapa lagi yang mengambilnya kalau bukan kamu!Ayo Jidul kamu sembunyikan di mana, heh?
Jidul : (ber ah uh semakin bingung dan takut
Ibu : (muncul tergesa gesa) Eh, ada apa Pak Pikun ? Ada apa dengan Jidul ?
Pak Pikun : Anak ini tidak bisa dikasihani bu ! dia mencuri lagi Arlojiku hilang !
Ibu : Mencuri arloji ? Kamu mencuri Jidul ?
Jidul : (sambil ber ah uh menggoyang goyangkan kepala dan tangannya)
Pak Pikun : Mungkir , ya !padahal jelas bu ! Tadi saya mandi. Setelah itu, arloji saya tertinggal di kamar mandi, lalu dia masuk, entah mengapa. Lalu tiba tiba arloji saya hilang (tangannya menunjuk Jidul)
Ibu : (melihat tanga Pak Pikun) O, arloj Pak Pikun hilang begitu? Lalu arloji yang Pak Pikun pakai di pergelangan tangan kanan itu punya siapa ? (tertawa)
Tritis : (Muncul dan langsung ikut tertawa) lain waktu jangan main tuduh saja Pak!
(4) Pak Pikun tertegun memandang pergelangan tangan kanannya. Dilepaskannya Si Jidul. Dengan sangat malu, ia berjalan tertegun tegun. Si Jidul pun tertawa dengan caranya sendiri.
26. Bagian prolog pada kutipan drama di atas ditandai dengan nomor ….
A. (1) C. (3)
B. (2) D. (4)
27. Dialog yang menunjukan bagian resolusi pada teks drama di atas adalah…
A. Jidul : (ber ah uh semakin bingung dan takut
B. Pak Pikun : Anak ini tidak bisa dikasihani bu! dia mencuri lagi Arlojiku hilang!
C. Ibu : (melihat tanga Pak Pikun) O, arloj Pak Pikun hilang begitu? Lalu arloji
yang Pak Pikun pakai di pergelangan tangan kanan itu punya siapa?
(tertawa)
D. Tritis : (Muncul dan langsung ikut tertawa) lain waktu jangan main tuduh saja
Pak!

28. Kata sifat yang digunakan  berdasarkan kutipan drama di atas adalah…
A. bodoh C. mungkir
B. hilang D. tertegun

29. Dialog yang menggunakan  kalimat perintah  pada kutipan drama di atas adalah …
A. Pak Pikun : Jangan berlagak bodoh! Siapa lagi yang mengambilnya kalau bukan kamu! Ayo!
B. Pak Pikun : Anak ini tidak bisa dikasihani bu ! dia mencuri lagi Arlojiku hilang!
C. Pak Pikun : (muncul langsung menuju ke arah Jidul) Ayo! Mana!Berikan kembali padaku!
Ayo! Mana!
D. Tritis : (Muncul dan langsung ikut tertawa) lain waktu jangan main tuduh saja Pak!

30. Paragraf yang merupakan teks nonfiksi adalah…
A. Fitri yakin, yang mengambil uangnya bukan Tineke walaupun uangnya ditemukan di tas Tineke. Tineke berusaha tidak terpancing dengan ejekan teman-temannya dan menenangkan hati dengan membaca buku. la ingin sekali masalah ini cepat selesai tetapi ia tidak ingin menyusul Fajar yang sedang bersarapan di kantin, ia tetap menunggu di kelas.
B. Ku tak mungkin jatuh cinta kan? Tidak sekarang, tidak denganmu. Pesonamu menjeratku tapi aku tak kan membiarkan diriku jatuh cinta kepadamu. Tak kan pernah kupercaya segala tuturmu kepadaku, dan ku akan selalu menganggap bohong apa pun yang kau ucapkan kepadaku sejak itu, termasuk yang itu.
C. Kuingin kau berbohong padaku. Seperti yang kau utarakan kemarin, dan yang kemarin dulu itu. Ketika mentari meredup berpendar di pucuk daun sebelah barat rumah dan ketika kerumunan itu tak lagi bersamamu, kau mulai dengan kisah kebohonganmu yang pertama kepadaku.
D. Nurhayati Sri Handini Siti Nukatin atau yang lebih akrab disapa N.H. Dini merupakan sastrawan dan novelis Indonesia. Pada usia itu ia telah menulis karangan yang berjudul "Merdeka dan Merah Putih''. Tulisan itu dianggap membahayakan Belanda sehingga ayahnya harus berurusan dengan Belanda. Namun, setelah mengetahui penulisnya anak-anak, Belanda mengalah.

31. Cermati kutipan cerita fiksi berikut!
Mohammad-san inilah rumahku.” Toshihiko berkata ketika kami sampai di depan sebuah rumah kayu yang sederhana. Lalu berteriak, “Ibu! Ibu! Inilah  tamu yang kita tunggu. Lihatlah, seorang Indonesia yang tersesat di kebun anggur Katsunuma. Bukankah ini suatu kehormatan bagi kita?”
Paragraf di atas termasuk teks fiksi karena…
A. Ditinjau dari struktur teks, paragraf  tersebut memiliki  unsur  tema dan tokoh
B. Struktur teks bersifat sistematis berdasarkan fakta yang ada
C. Narasi dan dialog menggunakan ragam bahasa baku
D. Pengunaan pribahasa untuk memperjelas atau membandingkan suatu hal

Perhatikan daftar indeks buku berikut! Jawablah soal nomor 33 dan 34!

32. Berdasarkan kutipan indeks tersebut, dapat ditemukan bangunan bersejarah yaitu ...
A. Candi Mendut B. Ciliwung yang Manis
C. Cipanas D. Carosta, Yose

33. Indek buku di atas di tulis berdasarkan pada….
A. Topik C. Pengarang
B. Judul                          D. Halaman indek

34. Perhatikan kutipan indeks buku berikut!
Agusta, Leon 307
Ayatrohaedi 52, 67
Aku 41, 59, 70, 212
Alegori 135, 144,
Alisjahbana, Sutan Takdir 58, 212
Aliran 32, 47
ekspresionisme 40-43
imajis 46-47
impresionisme 42-47
naturalisme 32
realisme sosial 38, 40
romantik 32-35
Amuk 185, 186, 190, 194, 195
Pernyataan yang benar berdasarkan kutipan indeks di atas adalah . . . .
A. Indeks tersebut hanya memuat informasi tentang pengarang.
B. Informasi tentang puisi Aku karya Chairil Anwar ada pada halaman 41, 59, 71,141
C. Informasi tentang Leon Agusta dapat ditemukan pada halaman 207.
D. Informasi tentang alira-aliran dalam penulisan puisi dapat ditemukan pada sejumlah halaman.

35. Cermati teks fiksi berikut!
(1) Pengkonsumsi beras akingku adalah masyarakat miskin yang tidak mampu lagi membeli beras yang harganya sudah menggila”
(2) “Usahaku ini adalah solusi untuk mereka dan cacing-cacing itu.Ya , makan nasi aking adalah sebuah pilihan rakyat-rakyat miskin untuk  tetap hidup.”
(3) “Ya… untungnya dua ratus lah,itu dari perliternya.Tapi niat saya nolong, Pak.”
(4) “Aku menjual harga beras akingku berbeda-beda.Untuk beras yang butirannya masih utuh aku jual Rp.1.500 per liter.Butiran yang masih terbelah lima puluh persenaku hargai Rp.1.100 perliter, dan untuk yang banyak belahannya aku hargai Rp. 800 perliter.
Kalimat yang menggunakan makna kias  pada teks fiksi tersebut  ditandai dengan nomor....
A. 1 B. 2 C. 3 D. 4

Cermati teks fiksi berikut kemudian jawablah nomor soal 36, 37, 38, 39, dan 40 !
“Karena saya tidak percaya kepada sistem yang melahirkan dan membesarkan penguasa yang bertangan besi  seperti Stalin. Sama dengan tidak percaya saya kepada sistem yang melahirkan Hitler dan Mussolini. Dan sudah tentu, juga tidak percaya kepada sistem yang melahirkan Amangkurat yang tega membunuh santri-santri. Sistem-sistem seperti itu mengandung bibit-bibit kekerasan yang selalu akan mengambil korban ribuan orang yang tidak bersalah! Saya terkejut mendengar suaranya. Lantip, kakang saya, yang lemah lembut, sopan, penuh tatakrama dengan sekali tebas membabat tiga sistem kekuasaan yang besar.
36. Makna ungkapan pada kata bercetak miring di atas adalah …
A. diktaktor C. kejam
B. kekerasan D. tega

37. Kemenarikan tema  pada teks cerita di atas adalah ….
A. Lantip yang lembut dan sopan menjadi keras saat membicarakan 3 sistem kekuasaan
B. Menyamakan sistem kekuasaan Hilter, Mussolini, dengan kekuasaan Amangkurat
C. Saya yang terkejut mendengar kemarahan Lantip
D. Diskusi antara saya dan Lantip

38. Penggunaan  diksi yang menarik dalam teks fiksi di atas adalah…
A. melahirkan C. Bibit kekerasan
B. Tega D. Sistem

39. Amanat dalam teks di atas adalah….
A. Jangan tanya apa yang negara berikan padamu tapi bertanyalah apa yang sudah kau berikan buat negara
B. Jadilah penguasa yang demokratis dan tidak bertangan besi
C. Seharusnya rakyat dan penguasa saling menghargai
D. Mengingatkan penguasa yang bertangan besi adalah kewajiban

40. Alasan kemenarikan amanat pada teks di atas adalah …
A. Seorang rakyat kecil mengerti tentang dunia politik internasional
B. Wawasan Lantip yang luas berkaitan dengan pemerintahan
C. Ketidapuasan Lantip pada pemerintahan Hitler dan Musolini
D. Lantip tidak menyukai pemerintahan Aamangkurat

II. URAIAN
Jawablah pertanyaan pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
41. Suatu hari di perjalanan pulang dari sekolah, Ika memberhentikan sebuah bus untuk ditumpanginya sampai rumah. Saat didalam bus, penanya terjatuh dari kursi yang didudukinya. Lalu terdengar suara deheman disebelah kanan, segera dirapikan kembali duduknya tanpa memungut pena tersebut. “Hem!” getar suara itu lagi untuk kedua kalinya. Ika melirik pemilik suara. Hop! Dia lagi! Rasanya ingin kuterjang tubuh besarnya lalu lari melesat ke bangku lain atau malah melompat dari bus kalau saja tangannya yang kokoh itu tidak mencegah niatku. Kelancangannya, keisengannya, digombali dan dikejar-kejar yang membuatku menjadi kesal dan malah keki sendiri tiap kali bertemu ataupun melihatnya. Dia bilang kalau tindakkannya saat itu tidak disengaja. Teman-temannya yang mengajarinya, blaa…bla… aku tak menanggapi penjelasannya. Namun aku jadi tenggelam pada peristiwa yang diungkitnya itu. Yaaa.. cowok yang duduk disampingku ini. Cowok yang memaksaku untuk berkenalan. Cowok yang tempo hari saat dikelas melemparkan secarik kertas kepadaku yang bertuliskan “Kamu manis, mau gak jadi cewekku?” . Aku melongok ke belakang, samping kiri dan kanan mencari si penulis kalimat itu. Segerombolan cowok yang duduk dipojokan tertawa riuh. Mereka seperti sengaja memancing kemarahanku.
Buatlah analisis kekurangan dan kelebihan dari kutipan cerpen di atas!

42. Cermati teks persuasi berikut!
Dewasa ini banyak sekali penyakit baru yang bermunculan. Hal ini dikarenakan berkurangnya sistem imun di dalam tubuh kita. Jika sistem imun di dalam tubuh melemah, maka tubuh gampang sekali terkena penyakit. Selain itu, makanan-makanan yang kita konsumsi tidak lagi mengandung vitamin dan mineral yang baik. Bahkan, saat ini telah banyak penjual makanan-makanan yang tidak sehat. Terlebih lagi dengan padatnya aktivitas membuat kita tidak memiliki waktu untuk berolahraga. Padahal oaharaga sangatlah baik untuk kesehatan kita. Akibatnya, tubuh menjadi lemah sehingga mudah terjangkit virus-virus yang ada di sekitar kita. Oleh karena itu, marilah kita menerapkan pola hidup sehat agar kita tidak mudah sakit dengan cara mengkonsumsi makanan yang sehat dan berolahraga yang rutin.
Sebutkan bagian struktur dari teks persuasi di atas! Jelaskan alasan dari jawabanmu!

43. (1) Adi : Huss, jangan kencang-kencang nanti gurunya dengar
(2) Sita : kalau soal nomor 10,11 dan 15 jawabannya apa Ban?
(3) Sita : soalnya sulit sekali, masih banyak yang belum aku kerjakan
(4) Banu : Din, aku minta jawaban soal nomor  5 dan 6!
(5) Banu : 10 A, 11 D, nomor 15 aku belum
(6) Dini : A dan C
(7) Budi : Belum, tinggal 3 soal lagi
(8) Banu : Bud,kamu sudah selesai?
(9) Banu : Kenapa? Kita sahabat bud, kita harus kerjasama
(10) Budi : Tidak Bisa Ban,
(11) Dini : Iya Bud, kita harus kerja sama
(12) Banu : Aku minta jawaban nomor 15 sampai 20 Bud!
(13) Adi : Iya, kamu kan yang paling pintar disini bud  !
(14) Sita : “Kenapa memang Bud? Hanya 5 soal saja!”
(15) Budi : tapi bukan kerjasama seperti ini teman-teman, Mencontek atau pun memberi contek
adalah hal buruk, yang dosa nya sama. Aku tidak mau mencotek karena dosa, begitu
pula member contek ke kalian. Aku minta maaf”
Susunan  kembali dialog acak  di atas agar menjadi teks drama yang baik!

44. Untuk menopang uang sakunya yang jauh dari cukup, Chairul pun berkuliah sambil berbisnis.
Awalnya ia berjualan buku kuliah stensilan, kemudian juga berjualan kaos. Ia bersama temannya kemudian juga membuka usaha foto copy di kampusnya. Ia juga membuka kios di daerah Senen Raya Jakarta Pusat yang menyediakan aneka kebutuhan dan peralatan kedokteran dan laboratorium. Walau ia harus mmebagi waktu antara kuliah dan berbisnis, namun Chairul bisa menyelesaikan kuliah nya di kedokteran gigi dengan baik. Ia kemudian menyandang gelar Sarjana kedokteran dibelakang namanya. Namun karena darah bisnis rupanya lebih kental, ia kemudian memutuskan untuk menjemput rejeki dari bisnis bukan sebagai dokter gigi. Chairul kemudian lebih memantabkan bisnisnya dengan mendirikan PT Pariarti Shindutama bersama tiga temannya pada tahun 1987. Bisnis ini bermodalkan hutangan dari bank Exim sebesar 150 juta.
Menurut pendapatmu kutipan teks di atas termasuk pada teks fiksi atau non fiksi? Sertakan alasan dari jawabanmu!

45. Cermati Kutipan Teks Fiksi berikut !
Alangkah pedih hati Salamah. Marni sebenarnya ingin meminta sesuatu kepadanya. Tapi takut. Takut mengundang amarahnya. Tapi tidak sayangku, bisik Salamah dalam hati. Kau terlalu baik anakku. Kau tidak melawan jika aku tidak memberimu uang. Kau tidak minta apa-apa karena kau tahu betul betapa ibumu ini melarat. Melarat sekali. Kau tidak pernah merengek minta dibelikan mainan. Anakku, ini yang membuat aku begitu terenyuh kepadamu. Kau begitu tabah menghadapi hidup kita yang sengsara ini, Marni. Salamah menatap anaknya yang berdiri di depan tukang loak. Dengan keberanian yang luar biasa,Salamah menanyakan berapa harga sandal jepit bekas itu.
“Dua ratus rupiah,” jawab tukang loak dengan acuh tak acuh.
Hatinya semakin teriris. Sedangkan Marni memandang sandal itu dengan mata berkilat-kilat. Alangkah sedihnya hati Salamah. “Seratus rupiah, Bang,” tawarnya.
Tukang loak itu tak menjawab, cuma menggelengkan kepalanya. Congkaknya orang itu. Salamah tak segera beranjak dari tempatnya.
Jelaskan kemenarikan tokoh dalam teks fiksi di atas!

Bagi bapak dan ibu guru yang ingin mengunduh soal, kisi-kisi dan kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester Genap Kurikulum 2013 :
Soal Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Semester Genap Kurikulum 2013 unduh di sini 
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Semester Genap Kurikulum 2013 unduh di sini 
Kisi-kisi Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Semester Genap Kurikulum 2013 unduh di sini

0 comments:

Post a Comment test