7 Aplikasi Android yang Wajib Diunduh Selama Bulan Puasa

Sunday, May 5, 2019
Aplikasi Al Qur'an

Aplikasi Android Wajib Diunduh Selama Bulan Puasa - Marhaban Ya Ramadhan tidak terasa bulan Ramadhan atau Puasa akan segera tiba. Bagi umat Islam tentu sangat berbahagia dengan datangnya bulan Ramadhan ini. Karena selain bisa mengerjakan amalan dengan pahala berlipat ganda juga sangat baik untuk kesehatan jasmani dan rohani. 

Selama bulan puasa biasanya selain beraktivitas atau melakukan kegiatan sehari-hari, ada hal-hal yang bisa kita manfaatkan untuk menunggu waktu berbuka atau selama bulan puasa berlangsung. Beruntung sekarang banyak aplikasi Android yang sudah dibuat oleh para developer atau pengembang untuk menambah dan meningkatkan keimanan penggunanya.

Berikut 7 Aplikasi Android Wajib Diunduh Selama Bulan Ramadhan : 


1. Al Qur’an. Salah satu ibadah yang perlu diperbanyak saat bulan Ramadhan adalah membaca Al Qur’an atau tadarrus atau tilawah Al-Qur'an. Android menyediakan begitu banyak aplikasi Al-Qur'an dengan berbagai macam variasi dan keunggulannya. Salah satunya adalah MyQuran Al Quran dan Terjemah yakni Aplikasi Al-Qur'an dengan terjemah bahasa Indonesia, dilengkapi dengan penanda warna tajwid dan fitur menarik lainnya. 



2. Hadits. Untuk menambah koleksi hapalan hadits sebaiknya kita memiliki salah satu aplikasi Hadits. Salah satunya adalah aplikasi Hadits Arba'in di perangkat Android anda, karena bisa jadi alternatif tambahan amalan kita selama bulan Ramadhan dengan banyak membaca Qur’an dan Hadits. 


3. Do'a. Biar tambah pahala ibadahnya, sebaiknya selama bulan ramadhan kita tambah dengan dzikir dan berdo'a dimana saja. Dzikir bisa dilakukan pada waktu pagi, siang, sore dan malam seperti yang dicontohkan oleh Rasululloh SAW. Ada banyak aplikasi Android yang direkomendasikan untuk mengajak kita untuk berdo'a, yakni aplikasi alMathurat, Aplikasi do'a pagi, siang, sore dan malam dengan terjemah Indonesia plus ada suaranya. 


4. Jadwal Shalat dan Imsak. Anda mungkin pernah bangun kesiangan saat sahur sehingga Anda tidak makan sahur. Agar tidak kesiangan maka sebaiknya mengaktifkan alarm di ponsel Anda. Tetapi untuk mengeset di handphone kadang-kadang kita lupa. Oleh sebab itu untuk pengingat waktu sahur, dan sholat 5 waktu aplikasi ini akan sangat bermanfaat, yaitu "Muslim Pro Ramadhan 2019". 


5. E-Buku Islami. Selain membaca Al Qur’an, Hadist, dzikir dan do’a. Disaat senggang anda bisa membaca kumpulan Kisah 25 Nabi dan Rasul melalui E-book. Dengan bacaan ini diharapkan kita bisa belajar dari sifat-sifat yang terpuji dari Nabi dan Rasul. 


6. Kalkulator Zakat. Untuk membersihkan penghasilan kita dari hal-hal yang tidak halal dan bisa berbagi dengan sesama. Ada baiknya kita mengetahui jumlah zakat yang akan diberikan kepada yang berhak menerimanya. Bagi anda yang bingung menghitung zakat baik zakat harta, profesi dan usaha yang akan dikeluarkan sebaiknya anda mempunyai aplikasi Kalkulator Zakat ini. 


7. Panduan Shalat Tarawih. Bagi Anda yang ingin mengetahui bacaan dan manfaat dari shalat Tarawih, ada baiknya mengunduh aplikasi Panduan Shalat Tarawih. Sesuaikan dengan kebiasaan Anda baik yang menggunakan 20 rakaat atau 8 rakaat. 

Selain itu, ada baiknya kita menggunakan media sosial untuk hal-hal kebaikan bukan malahan menambah dosa. Mudah-mudahan segala hal yang kita lakukan selama bulan puasa ini menjadi ladang amal buat kita semua. Aamiin.

0 comments:

Post a Comment test