RPP dan Silabus PAI dan BP SMP Kelas 7 Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020

Sunday, July 7, 2019
RPP dan Silabus PAI dan BP SMP Kelas 7 Semester Ganjil Kurikulum 2013 Edisi Revisi 

RPP dan Silabus PAI dan BP SMP Kelas 7 Semester Ganjil – Tidak terasa waktu liburan akan segera berakhir. Bapak dan ibu guru mata pelajaran akan disibukkan kembali dengan membuat perangkat pembelajaran. 


Karena mayoritas sudah menggunakan Kurikulum 2013 edisi revisi, maka pada kesempatan kali ini kami akan berbagi perangkat pembelajaran PAI dan BP (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) Kurikulum 2013 edisi Revisi yang dilengkapi dengan buku guru dan buku siswa. 


Dalam dokumen ini terdapat RPP, Silabus, SKL (Standar Kelulusan) dan dilengkapi dengan buku guru dan siswa kurikulum 2013 yang sudah direvisi. Berikut contoh Kumpulan RPP dan Silabus PAI dan BP SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Edisi Revisi :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 
Sekolah : ............... 
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 
Bab I : Lebih Dekat dengan Allah swt. yang Sangat Indah Nama-Nya. 
Kelas/Semester : VII/1 
Alokasi Waktu : 3 X 3 JP (3 X Pertemuan)

Kompetensi Inti 
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. 
KI 2 : Menghargai, dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli(toleransi,gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. 
KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi, seni budaya terkait penomena dan kejadian yang tampak mata). 
KI 4: Mencoba,mengolah, dan menyaji, dalam ranah konkret( menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori).

Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar Indikator Meyakini bahwa Allah Maha Mengetahui, Maha Waspada, Maha Mendengar, dan Maha Melihat.
Menghayati perilaku percaya diri, tekun, teliti, dan kerja keras sebagai implementasi dari makna al-’Alim, al-Khabir, as-Sama’, dan al-Basor.
2.3.1 Menyebutkan pengertian Asmau al- usna:al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al- Bashir 2.3.2 Menjelaskan makna Asmau al-husna: al- ’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashi Memahami makna al-Asmaul - Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sama’, dan al-Basor. Mencontohkan perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifatAsmau al-husna: al-’Alim Mencontohkan perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifatAsmau al-husna: al-Khabir Mencontohkan perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifatAsmau al-husna: as-Sami Menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani al-Asmaul - Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sama’, dan al-Basor.

Tujuan Pembelajaran : 
Peserta didik mampu: Menunjukkan dalil naqli dan aqli terkait dengan iman kepada Allah swt. Menyebutkan pengertian al-Asmau al-husna (al-‘Alim, al-Khabir, as-Sama’, dan al-Basar ). Menjelaskan makna al-Asma‘u al-husna husna (al-‘Alim, al-Khabir, as-Sama’, dan al Basar ) Mengidentifikasi perilaku beriman kepada Allah swt. Melaksanakan perintah Allah swt atas dasar iman kepada Allah swt. Mencontohkan perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-Asma‘u al-husna husna (al-‘Alim, al-Khabir, as-Sama’, dan al Basar )

Materi Pembelajaran 
Regular : 
Iman Kepada Alloh SWT Mempelajari dan Memahami Iman kepada Allah SWT. Mempelajari dan Memahami Makna al-Asmaul Husna Mempelajari dan Memahami Hikmah Iman kepada Allah SWT. melalui al-Asmaul Husna

Remidial : 
Peserta didik yang belum menguasai materi akan dijelaskan kembali oleh guru materi iman kepada Allah swt. Guru akan melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis atau memberikan tugas individu merangkum materi iman kepada Allah swt. Remedial dilaksanakan pada waktu yang telah ditentukan, boleh pada saat pembelajaran apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit setelah pulang jam pelajaran selesai).

Pengayaan : 
Peserta didik yang sudah menguasai materi mengerjakan soal pengayaan berupa macam-macam sifat wajib bagi Allah swt. yang telah disiapkan oleh guru. (Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).

Kegiatan Pembelajaran 

Bagi bapak dan ibu guru yang ingin mengunduh perangkat PAI dan BP SMP Kelas 7 Semester Ganjil Lengkapnya bisa

0 comments:

Post a Comment test