Inilah Format RPP Terbaru 2020 Versi P4TK

Tuesday, December 31, 2019

Format RPP Tahun 2020 Terbaru – Sejak dilontarkan gagasan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang baru yakni Nadiem Makarim tentang penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) terbaru cukup 1 halaman, maka kebijakan tersebut menjadi perbincangan hangat di kalangan guru, pengawas sekolah, kepala sekolah dan pemerhati pendidikan di tanah air.

Selama ini guru selalu disibukkan dengan yang namanya RPP, bahkan mereka membuat RPP dalam satu semester hampir satu rim kertas. Padahal RPP yang dibuat tersebut tidak digunakan saat di kelas saat pembelajaran, tapi hanya digunakan sebagai administrasi saja saat ada pengawas sekolah.

Melihat hal tersebut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang baru yakni Nadiem Anwar Makariem akhirnya memberikan masukan agar tugas guru lebih efesien dan efektif dalam mendidik murid atau peserta didik, salah satunya dengan penyederhanaan RPP.

Beberapa waktu yang lalu, kami sudah membuat artikel tentang Format RPP Terbaru tahun 2020 yang masih perdebatan di kalangan pendidik atau guru itu sendiri. Kini akhirnya PPPPTK atau Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan mengeluarkan format final RPP terbaru.

Dalam RPP terbaru terdapat IPK singatan dari Indikator Pencapaian Kompetensi yang sebelumnya hanya ditulis Indikator, selain itu langkah-langkah pembelajaran hanya dituliskan yang penting-pentingnya saja. Serta perubahan nama dari Penilaian menjadi Assesmen.

Agar lebih jelas, sekarang kita lihat format RPP terbaru dari P4TK yang bisa digunakan untuk membuat RPP terbaru di semester genap 2020. Berikut format RPP terbaru P4TK yang dikeluarkan oleh P4TK Seni dan Budaya untuk jenjang SMP/MTs atau SMA/MA :


Bagi Anda yang membutuhkan dokumen resminya silakan unduh file Rumusan Final RPP dari P4TK silakan 




Loading...

0 comments:

Post a Comment test