Feb 22, 2020

RPP Inspiratif Untuk SD, SMP, SMA, SMK, dan SDLB

RPP Inspiratif Untuk SD, SMP, SMA, SMK, dan SDLB

RPP Inspiratif –Kalau selama ini yang menjadi permasalahan para guru adalah saat membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dianggap memberatkan guru. Sehingga mereka tidak fokus dengan peserta didiknya. 

Hingga akhirnya Pusat Kurikulum dan Pembelajaran merespons keluhan dari pendidik tersebut. yang menyatakan bahwa beban administrasi terlalu banyak dan berat, khususnya dalam menyusun RPP. Beban banyak dan berat, apakah ini dialami oleh semua pendidik. 

Pendidik merasa bahwa RPP saat ini terlalu banyak karena banyak komponen yang harus ada sehingga jumlah halamannya banyak. Oleh karena itu, Pusat Kurikulum dan Pembelajaran menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) inspiratif untuk pendidik. RPP ini hanya satu lembar, dengan komponen utama tujuan pembelajaran, aktivitas, dan penilaian. 

Tujuan pembelajaran disarikan dari Kompetensi Dasar (KD) dan dirumuskan dengan kalimat yang mudah dipahami. Aktivitas berisi kegiatan aktif siswa selama pembelajaran. Penilaian sebagai gambaran secara umum tagihan untuk mengukur ketercapaian KD. 

Penyusunan RPP inspiratif ini tidak sekadar mengurangi banyaknya halaman menjadi satu halaman. Pendidik diberikan kemerdekaan menyusun RPP bukan karena banyaknya jumlahnya halaman, tetapi bagaimana mengonstruksi rencana itu secara global dan mudah dipahami dalam menerjemahkannya pada saat kegiatan belajar-mengajar (KBM). 

Jika RPP inspiratif ini masih diperdebatkan karena jumlah halamannya, pendidik perlu meninjau kembali profesionalismenya sebagai pendidik. Dengan demikian, diharapkan tidak akan ada lagi pendidik yang mengeluh karena beban banyak dan berat dalam administrasi.

RPP ini disusun dari PAUD sampai Pendidikan Dasar dan Menengah, dan SLB. Tidak semua mata pelajaran yang disusun, tetapi ada beberapa yang mewakili dari satuan pendidikan. Semoga RPP ini dapat menginspirasi para pendidik sehingga mampu mengembangkan RPP sendiri yang komunikatif dan memudahkan baginya.

Berikut ini conoh RPP Inspiratif Untuk PAUD : 

RPP PAUD

Contoh RPP Inspiratif Untuk SD :
RPP SD
Contoh RPP Inspiratif Untuk SMP :



Contoh RPP Inspiratif Untuk SMA :
RPP SMA
Contoh RPP Inspiratif Untuk SMK :
RPP SMK
Contoh RPP Untuk SDLB :
RPP Anak Berkebutuhan Khusus SDLB

Bagi Anda yang membutuhkan RPP Inspiratif untuk PAUD, RPP Inspiratif Untuk Sekolah Dasar, RPP Inspiratif untuk SMP, RPP Inspiratif SMA, RPP Inspiratif SMK, RPP Inspiratif SLBSD silakan 



RPP Inspiratif Untuk SD, SMP, SMA, SMK, dan SDLB
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon