ASUS ZenBook 14 UM431DA, Laptop 9 Jutaan Desain Elegan Performa Tidak Usah Diragukan

Monday, September 14, 2020


Sebagai seorang blogger dan juga guru, serta sering diundang menjadi pemateri untuk kegiatan guru dan blogger tentu membutuhkan laptop yang bisa diajak bekerja dengan cepat. Maklum laptop lama sudah tidak memungkinkan lagi untuk dibawa ngebut, karena untuk booting awal saja membutuhkan beberapa menit hingga bisa digunakan.



Setelah mencari referensi di internet dan ada anggaran untuk membelinya, akhirnya pilihan jatuh pada ASUS ZenBook UM431DA, laptop yang dibeli dari toko online ini dibanderol hanya Rp.9.019.200 dengan ongkos kirim dan asuransi menjadi Rp. 9.227.550.  Laptop berkelas paling murah diantara yang lainnya. 


Laptop ini digunakan sehari-hari seperti untuk membuat berbagai perangkat pembelajaran, mengedit gambar, dan video sejak hampir 2 bulan yang lalu. Berikut ulasan laptop ASUS ZenBook 14 UM431DA



1. Desain 

Saya sangat suka dengan desainnya terutama yang berwarna silver atau Utopia Blue. Bagian belakang terkesan sangat kokoh dan menawan apalagi pada bagian belakang layar terdapat tulisan ASUS dengan desain khasnya yakni pola Zen atau Air.  Desainnya mewah dan elegan  hingga pada bagian di sekitar keyboardnya yang dikelilingi oleh panel trim perak yang trendi. 




Selain itu bezelnya sangat tipis yakni 6,45mm atau istilahnya slim-bezel dengan desain layarnya sudah menggunakan NanoEdge, walaupun layarnya berukuran 14 inchi tetapi seperti 13 inci dengan rasio layar terhadap bodi hingga 86%. 


Engselnya sudah menggunakan engsel ErgoLift eksklusif dengan kemiringan 4,5 derajat yang membantu sirkulasi udara dari laptop ini saat digunakan sehingga tetapi dingin walaupun digunakan selama berjam-jam, serta kualitas audio lebih terasa.  


Laptop ASUS ZenBook 14 UM431DA sangat ringkas, ringan dan ramping. Beratnya hanya 1,39 kg dan memiliki ketipisan hanya 15,9 mm sehingga nyaman dibawa kemanapun Anda pergi. 



2. Layar 

Layarnya sangat sesuai dengan minat dan kebutuhan orang Indonesia yakni layar 14 inci dengan LED-backlit Full HD (1920 x 1080) dengan aspek rasio 16:9 dengan screen to-body ratio 86% dan 100% sRGB color gamut. Layarnya sudah dilengkapi dengan anti-glare display artinya layarnya dapat mengurangi kelelahan mata penggunanya saat menggunakan laptop tersebut. 




3. Performa

Selain desain, saya membutuhkan performa yang cepat dari mulai booting awal hingga membuka berbagai aplikasi yang berat. Dengan menggunakan prosesor AMD Ryzen 5 3500U dan grafis Radeon Vega 8, RAM 8GB 2400MHz DDR4, dan memori internal 512GB PCIe SSD  semua terasa cepat dan ringan saat digunakan untuk mengedit foto, atau video di laptop ini. 


Laptop ini sudah dilengkapi dengan Windows 10 Home original jadi jangan khawatir lagi dengan tulisan Windows Not Gunine jika menggunakan laptop ini. Untuk Microsoft Office disarankan membeli yang asli karena akan menunjang performa saat menggunakan Microsoft Offiice seperti Word, Excel, Power Point dan lain-lain.  Karena saya tidak terlalu suka dengan game maka belum diujicoba untuk bermain game. 



4. Keyboard dan Touchpad Nyaman digunakan 

Laptop ini sudah menggunakan full-size backlit dengan 1,4mm key travel sangat nyaman saat digunakan untuk mengetik walaupun dalam kondisi minim cahaya. Walaupun saya sendiri lebih suka tulisan warna putih dibandingkan dengan warna kuning pada keyboardnya. Selain itu penempatan keyboard delete dan power berdekatan, dan tanda panah berdekatan membuat saya sering salah tekan, tapi tidak mengapa lama kelamaan jadi terbiasa. 


Touchpadnya responsif dan nyaman saat digunakan untuk beraktivitas saat tidak mengunakan mouse. Bahkan teknologi Touchpadnya sudah menggunakan Precision Touchpad (PTP) technology yang mendukung 4 jari. Di dalam touchpad terdapat Fingerprint sensor yang terintegrasi dengan Windows Hello sehingga keamanan terjaga karena menggunakan sensor sidik jari.  



5. WebCam Full HD

Alasan lain mencari laptop yang memiliki kualitas webcam Full HD, pasalnya saat ini sering sekali menggunakan webcam untuk kegiatan pembelajaran online untuk siswa, juga mengikuti berbagai kegiatan webinar baik sebagai seorang guru maupun sebagai seorang blogger. ASUS ZenBook 14 UM431DA sudah dilengkapi dengan webcam Full HD. Gambarnya tidak mengecewakan saat digunakan untuk kegiatan tersebut. 



6. Konektivitas 

Laptop ini sudah dilengkapi dengan koneksi Wi-Fi 5 dan Bluetooth 4.2 untuk koneksi internet dan transfer data lebih cepat. Selain itu laptop ini dilengkapi dengan berbagai port disebelah kiri  DJ-jack, HDMI,  USB 3.1 Gen 1,  USB-C 3.1 Gen, sedangkan sebelah kiri terdapat USB 2.0, Standard HDMI, SD card reader, Audio combo jack dan DC-in. 



Sedangkan di sebelah kanan dari laptop ini, terdapat port untuk SD Card Reader, Audio Combo Jack, dan USB 2.0.  Karena bentuknya yang tipis maka diperlukan tambahan converter. 



Saya akhirnya membeli terpisah kabel konverter HDMI ke VGA untuk bisa terhubung ke monitor atau proyektor, dan  kabel USB 2.0 ke LAN RJ45 agar bisa digunakan untuk koneksi internet menggunakan kabel sehingg bisa digunakan untuk Ujian Nasional atau AKM (Asesmen Kompetensi Minimum).  




7. Audio 

Selain seorang guru dan blogger, saya juga seorang penggemar musik dan penonton film. Oleh karena itu membutuhkan laptop dengan kualitas audio yang menyenangkan. Dan ASUS ZenBook 14 UM4311DA memiliki speaker pada kanan dan kiri keyboard. Suaranya mengasyikan saat mendengarkan lagu dan film favorit.  




8. Baterai 

Baterai dari laptop ASUS ZenBook 14 UM431DA bisa bertahan selama kurang lebih 5 -6 jam untuk penggunaan terus menerus, seperti browsing, menonton video Youtube dan menggunakan aplikasi Micorosoft Office. Sementara itu untuk mengisi ulang baterainya kurang lebih 2,5 jam hingga 3 jam untuk sampai penuh. Adaptor laptop ASUS ZenBook 14 UM431DA ini berukuran kecil sehingga nyaman saat dibawa bepergian. 


Jadi kesimpulannya, setelah membeli dan menggunakan ASUS ZenBook 14 UM431DA selama hampir 2 bulan sangat menyenangkan dan direkomendasikan bagi rekan-rekan yang sedang mencari laptop dengan budget 9 jutaan nan mewah dan elegan serta performa menawan. 


0 komentar:

Post a Comment test