Jun 30, 2011

Blogilicious Milad Jakarta

Blogilicious Milad Jakarta

Blogilicious milad Jakarta : Hari sabtu dan minggu lalu tepatnya tanggal 25-26 Juni 2011 acara idblogilicious Jakarta dan Milad deblogger ke-2 yang dilaksanakan di Gedung Telkom Jl. Sisingamangaraja No. 4-6 Lantai 8 Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Penulis ingin berbagi cerita dengan pembaca perjalanan menuju lokasi idblogilicious Jakarta ini. Perjalanan jauh dari Indramayu menuju ke Jakarta dan berakhir di Terminal Kampung Rambutan. Dari Kampung Rambutan saya naik Kopaja 57 jurusan Blok M. Di jalan saya bilang ke kondektur “ lewat jalan sisingamangaraja ga bang?” kata kondektur “iya lewat” tapi setelah melewati beberapa jalan ternyata akhirnya sampai di Terminal Blok M.

Saya tanya ke Kondektur “bang sebelah mana jalan sisingamangaraja?” , Kondektur menjawab “wah sudah lewat kenapa ga bilang” katanya. Dalam hati saya bukannya tadi saya sudah bilang tapi biarlah cukup didalam hati saja. Ya sudah ikut mobil ini saja nanti diberitahu turun dimananya kata sang kondektur pada saya. Saya mengikuti saja apa yang dikatakan sang Kondektur. Sekitar 15 menitan dari Blok M tiba-tiba saya diturunkan oleh sang Kondektur disalah satu tempat yang ada jembatan penyeberangannya. “nyeberang aja lewat jembatan disitu tempatnya” kata sang Kondektur. Saya akhirnya mengikuti saja apa yang dikatakan sang kondektur kepada saya. Tapi apa yang dilihat ternyata bukan jalan Sisingamangaraja yang saya tuju tapi Hotel Maharadja. Sepertinya si Kondektur salah dengar gerutu saya dalam hati.

Tapi biarlah saya tidak kurang akal saya tanya lagi ke ibu-ibu penjual air isi ulang yang ada di pinggir jalan. “bu kalo gedung Telkom sebelah mana ya bu?” kata saya kepada si Ibu penjual air isi ulang tersebut. Kata si ibu “lurus saja kemudian belok kanan”. Saya mengikuti apa yang dikatakan si ibu tersebut tapi apa yang saya lihat tidak ada gedung Telkom yang ada juga gedung Telkomsel. Hah ini sepertinya salah lagi. Tidak jauh dari situ ada polisi lalu lintas yang sedang mengatur lalu lintas. Saya memberanikan diri untuk menanyakan lokasi Gedung Telkom jalan Sisingamangaraja dijelaskan sama sang Polisi lokasi yang ingin saya tuju. Daripada bingung dan salah naik mobil saya melihat seorang tukang ojek yang sedang mangkal di depan Hotel Maharadja dan saya langsung memberanikan diri menawar ongkos ke Gedung Telkom Jalan Sisingamangaraja. Setelah harga disepakati sebesar Rp.15.000,- akhirnya saya diantar sampai lokasi oleh Sang Tukang Ojek.

Akhirnya dengan perjuangan yang melelahkan dan salah alamat saya sampai juga ditempat yang dituju tepat waktu pukul 09.00. Saya langsung registrasi ke panitia idblogilicious Jakarta. karena saya sudah daftar online dengan nama Kang Didno maka nama saya sudah tercantum didata tersebut. Dengan mengeluarkan uang sebesar Rp.20.000,- saya dipersilakan oleh panitia untuk coffee break dulu karena peserta yang datang masih beberapa orang saja. Karena haus dan belum sarapan saya akhirnya minum teh manis dan makan kudapan kecil yang telah disediakan oleh panitia. Tidak begitu lama saya melihat teman-teman blogger sudah mulai berdatangan. Di Stand Berniaga saya melihat teman saya di Facebook bernama Steven Sondang akhirnya saya sapa dan diapun menyambutnya dengan hangat. Saya jelaskan siapa saya yang tidak lain guru yang muridnya memenangkan hadiah dari Berniaga.com berupa iPad. Mereka akhirnya memperkenalkan juga dengan Direkturnya yang bernama Jullian Gafar.


Selang beberapa menit kemudian acara idblogilicious Jakarta ini akhirnya dimulai dibuka oleh tarian khas Betawi. Acara kemudian dibuka oleh Panitia Lokal Jabodetabek yakni Mas Imam dari deblogger (Depok Blogger). Setelah sambutan dari Panitia Lokal Jabodetabek acara dilanjutkan oleh Kukuh Tw dari idblognetwork sebagai penyelenggara acara idblogilicious di 7 kota. Acara kemudian dilanjutkan dengan acara yang dimoderatori blogger dari dblogger (Detik Blogger) Eyang Anjari. Pada sesi ini membahas tentang “Etika Blogging” yang dibawakan oleh Risa Amrikasari seorang penulis buku dan Konsultan HAKI, serta Amril Taufik Gobel seorang blogger, penulis buku dan koresponden Yahoo Indonesia. Mereka membawakan materi ini dengan cukup aktif dengan audiens diselingi dengan tanya jawab dengan peserta. Tak lupa diakhir sesi diisi dengan bagi-bagi hadiah dari para pembicara berupa buku dan merchandise untuk peserta yang beruntung.


Setelah sesi yang pertama acara dilanjutkan dengan sesi yang kedua yakni materi tentang “Mobile Blogging” yang dibawakan oleh Kuncoro Wastuwibowo. Walaupun cara membawakannya terlalu lembut tetapi saya tetap semangat mengikuti acara ini karena sangat bermanfaat buat saya sebagai seorang blogger yang tidak hanya ngeblog lewat PC atau notebook saja tapi melalui handphone atau smartphone pun bisa. Setelah sesi ini berakhir peserta dipersilakan istirahat untuk makan siang dan shalat dhuhur.


Setelah shalat dhuhur saya dan peserta lainnya makan siang di tempat idblogilicious tersebut. Walaupun makan siang ini menggunakan lunch box tapi menunya sangat mantap. Nasi dengan ayam bakar dilengkapi dengan sambal terasi dan lalapan membuat nafsu makan meningkat. Setelah makan dan masih ada waktu saya ke Stand Berniaga untuk mengikuti program yang disediakan oleh berniaga yakni jika ada peserta yang masuk menjadi anggota berniaga+facebook akan mendapatkan merchandise. Karena saya sudah menjadi anggota berniaga+facebook saya akhirnya mendapat merchandise berisi sebuah kaos berniaga dan goodie bag.


Karena masih ada waktu saya menanyakan ke idblognetwork dan berniaga bagaimana cara mendapatkan penghasilan tambahan dari blog. Saya diperkenalkan Steven Sondang dengan Kukuh Tw (CEO idblognetwork) saya langsung daftar IBN dan ternyata yang menyenangkan blog saya langsung di approve tidak memerlukan waktu yang lama karena langsung pada CEOnya. Ada perasaan senang bisa ketemu dengan orang-orang kreatif, enerjik dan inovatif di jagat dunia maya ini.

Setelah break selesai acara kemudian dilanjutkan dengan Social Media yang dibawakan oleh Nukman Luthfie. Seorang blogger paruh baya yang dengan gaya humornya dia membawakan kelebihan dan kegunaan social media (Sosmed) untuk membantu traffic pengunjung ke blog kita dan mengenalkan blog kita kepada halayak luas. Setelah pemaparan Sosmed oleh Nukman Luthfie acara dilanjutkan dengan pemaparan dari Haz Pohan mengenai akan diadakannya pertemuan blogger se-Asean pada bulan oktober yang akan datang. Jika anda sebagai blogger dan punya kemampuan menulis dan ide-ide yang positif tentang Asean dan permasalahannya, anda bisa menulis di situs Aseanblogger.com

Setelah pemaparan dari Haz Pohan acara dilanjutkan pemaparan dari Berniaga.com yang dibawakan oleh Direkturnya Jullian Gafar dan Steven Sondang. Di sesi ini saya merasa bangga dan dihargai karena saya, murid saya dan daerah saya beberapa kali disebut dan diperkenalkan oleh Direktur Berniaga.com ini. Dia menjelaskan murid saya yang mendapatkan hadiah iPad, kemudian saya dikenalkan sebagai gurunya, dan menyebutkan Indramayu sebagai daerah yang potensial untuk jual beli onlinenya.

Setelah dari Berniaga.com acara dilanjutkan dengan penjelasan mengenai Blogpreneur yang dibawakan oleh pakar IT yang bernama Masim Vavay Sugianto . Dari pemaparannya ada beberapa yang mungkin menjadi rujukan kita sebagai blogger.
10 Jurus ampuh membuat postingan terbaik :
1 . Artikel How to atau cara
2. Posting berupa daftar
3. Tulis tentang Kampanye
4. Wawancara
5. Review
6. Studi kasus
7. Hasil riset
8. Tren
9. Provokatif
10. Tanyai pembaca
Nah setelah sesi ini Blogilicious milad Jakarta maka sesi hari pertama berakhir. Peserta pulang ke rumah masing-masing termasuk saya.

Hari kedua saya datang ke gedung Telkom menjadi peserta pertama yang datang ke acara blogilicious Jakarta. Saya tidak menyangka ternyata panitia menyediakan hadiah untuk peserta/blogger paling on time. Saya langsung disambut oleh mas Bradly @indobrad dan panitia lainnya sambil menimbang barang bawaan saya. Barang bawaan saya Cuma 5 kg ternyata tidak cukup berat untuk menjadi peserta dengan barang bawaan terberat yang nantinya juga mendapat penghargaan khusus. Ide cemerlang memberikan hadiah khusus buat blogger paling on time, blogger dengan bawaan terberat dan blogger dengan kostum paling unik.

Acara pertama dimulai dengan sesi dari pakar SEO Raden Ajeng Nunuk P. dan pakar blog security Frenavit Putra. Nah ini yang paling ditunggu oleh saya karena saya sering ikut lomba kontes SEO tapi selalu gagal dan terpental jauh entah nomor berapa. Bagi yang belum tau atau Tautaningin mengetahui materi dari pakar SEO mungkin karena tidak sempat menulis sewaktu acara idblogilicious Milad Jakarta silakan download disini. Sedangkan materi untuk Blog Security dari Frenavit bisa di download disini.

Setelah acara talkshow dengan pakar SEO dan security acara dilanjutkan dengan sesi Monetizing dari Mubarika Darmayanti dan Kukuh TW. Sesi ini yang membuat peserta semangat mendengarkan penjelasan lemah lembutnya Mubarika tentang mendapatkan penghasilan tambahan dari blog dengan ikut menjadi anggota idblognetwork. Kita tinggal pasang scriptnya saja jika ada pengunjung blog yang mengklik iklan tersebut pundi-pundi rupiah akan mengalir ke rekening kita. Selain itu jika kita menjadi anggota idblognetwork atau lebih dikenal IBN sewaktu-waktu kita diberi kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan review dengan mendapat penghasilan dari 1 juta hingga 5 juta rupiah sekali posting.

Setelah acara ini peserta break dulu untuk istirahat dan makan siang. Hari kedua makan siangnya buffet jadi kita bisa milih makanan yang sesuai dengan kita. Setelah istirahat acara dilanjut dengan acara miladeblogger ke-2 yakni acara ulang tahunnya Blogger Depok yang ke-2. Acara diisi dengan kegiatan lomba karaoke. Ternyata blogger yang datang di acara ini suaranya bagus-bagus juga mirip artis. Bahkan ada peserta yang menggunakan baju adat Jawa dengan gaya yang kocak. Sungguh acara yang sangat menghibur dan menyenangkan. Disela-sela pengumuman pemenang lomba karaoke diumumkan hadiah kepada blogger dengan kategori yang unik seperti Blogger dengan Bawaan Terberat, Blogger dengan membawa kunci terbanyak, dan Alhamdulillah saya mendapat hadiah modem sebagai Blogger Paling On Time. Selain itu panitia mengumumkan juara-juara lomba menulis pada acara miladeblogger ke-2. Acara diakhiri dengan pemotongan kue ulang tahun sebagai puncak perayaan ulang tahun deblogger (Depok Blogger) yang ke-2.

Secara keseluruhan acara blogilicious milad Jakarta ini sangat menarik dan menyenangkan semoga acara-acara seperti ini akan terus berlangsung diwaktu-waktu yang akan datang. Selain memberikan pengalaman dan pengetahuan baru, kita juga bisa bersilaturahmi sesama blogger. Maju terus blogger Indonesia.
Blogilicious Milad Jakarta
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon