Inilah Smartphone Paling Laris Tahun 2017

Minggu, 08 April 2018
Smartphone paling laris tahun 2017 (Gambar IDC.com)

Mungkin orang yang bertanya-tanya, smartphone apa yang paling laku atau paling laris di tahun 2017 lalu. Pasalnya persaingan antar vendor dalam menarik konsumen sangat masif dengan berbagai cara promosi. Salah satu acuannya adalah berdasarkan data dari IDC atau International Data Corporat yang dianggap valid dan bisa dipercaya keabsahannya. 

Tetapi banyak orang yang terkejut dengan dengan laporan yang dikeluarkan Firma riset pasar International Data Corporat (IDC) tentang smartphone yang paling laku di pasar Indonesia. Pasalnya ada salah satu merek lokal berhasil bertengger di posisi ketiga padahal gaungnya tidak begitu istimewa.

Berdasarkan data ID, smartphone yang paling laku atau paling laris di Indonesia sepanjang 2017, produsen smartphone asal Korea Selatan Samsung masih merajai pasar dengan raihan market share 31,8 persen naik 3 persen dibanding tahun 2016 (28,8 persen). Sedangkan brand asal Cina yakni OPPO, menempati urutan kedua dengan raihan market share 22,9 persen, naik 6,3 persen dibandingkan dengan tahun 2016. 

Di peringkat ketiga ada produsen smartphone asal Indonesia yakni Advan yang meraih market share 7,7 persen, naik 2,1 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun 2017 merupakan prestasi tersendiri bagi Advan karena berhasil naik dari posisi empat pada 2016 ke posisi tiga. 

Sedangkan produsen smartphone asal Taiwan yakni Asus, yang tahun 2016 berada di peringkat ketiga, tahun 2017 harus turun ke peringkat empat dengan raihan market share sebesar 6,5 persen. Angka tersebut turun 4 persen dari tahun 2016 yang mencapai 10,5 persen. 

Sementara itu posisi kelima ada Vivo yang mendapatkan market share 6 persen. Tahun 2017 peringkat Vivo naik dan berhasil menempati urutan lima besar. Selain data keseluruhan, IDC juga merilis data pada kuartal keempat tahun 2017. 

Market share smartphone paling laku kuartal keempat 2017 (Gambar IDC.com)


Samsung tetap merajai dengan raihan 31 persen. Di posisi kedua ada OPPO dengan angka market share 25 persen. Sedangkan Vivo menempati posisi ketiga dengan market share sebesar 11 persen. Nomor empat ada Advan dengan raihan 8 persen dan Xiaomi berada di posisi kelima dengan raihan angka 7 persen, seperti dikutip dari situs IDC.com (03/04/2018). 

Tahun 2018 sepertinya akan banyak perubahan dalam market share smartphone yang paling laku di Indonesia. Vendor yang inovatif dan memiliki strategi pemasaran yang baik akan bisa bertahan di peringkat 5 besar sedangkan smartphone yang tidak inovatif akan terlempar dari peringkat teratas. 

0 komentar:

Posting Komentar test