Fuchsia Sistem Operasi Pengganti Android

Sabtu, 07 April 2018
Sistem operasi Fuchsia (Gambar BGR.com)

Sepertinya sistem operasi Android dari Google dan iOS dari Apple menjadi sistem operasi seluler paling populer di dunia selamanya. Beberapa sistem operasi sebelum kehadiran Android dan iOS sudah kandas dan dikalahkan oleh kedua sistem operasi tersebut. 

Beberapa diantaranya bahkan pernah merasakan menjadi raja sistem operasi pada waktunya platform Symbian miliki Nokia, Windows Mobile milik Microsoft, dan Sistem operasi BlackBerry yang pernah mendominasi pasar global, dan sekarang perlahan segera punah.

Tapi tidak ada yang tahu berapa lama iOS dan Android akan menjadi dua platform seluler paling populer. Lalu belum ada yang memprediksi sistem operasi apa yang akan menggantikan Android dan iOS tersebut. Namun Google sudah merencanakan sesuatu untuk masa depan, dan itu sedang dalam proses mengembangkan sistem operasi baru yang masih misterius yang akan membuat sistem operasi Android menjadi usang. 

Sistem operasi tersebut kabarnya bernama Fuchsia yang merupakan besutan dari Google juga. Platform ini pada adalah open source yang sedang dikembangkan langsung di tempat terbuka, dan bahkan telah ada videonya beberapa kali. Tetapi Google selalu menolak untuk mengungkapkan sistem operasi tersebut. 

Sejauh ini, tidak banyak yang bisa dilakukan, sistem operasi Fuchsia ini tidak dibuat di kernel Linux seperti sistem operasi Android dan Chrome. Sebaliknya, sistem operasi ini menggunakan kernel Zirkon Google sendiri. Terlebih lagi, Fuchsia menggunakan bahasa pemrograman in-house yang baru. Singkat cerita, Fuchsia semuanya merupakan program open source dari Google. 

Sistem operasi ini kabarnya tidak terbatas pada perangkat seluler, bahkan sudah ada pengembang yang bisa memasangkannya di Google Pixelbook. Tetapi ini baru ekseperimen awal tetapi belum mendekati fitur lengkapnya, seperti dikutip dari BGR.com (05/04/2018). 

Jika Anda tidak memiliki Google Pixelbook atau smartphone dengan sistem operasi Fuchsia. Sekarang Anda bisa melihat situsnya terlebih dahulu, yang memungkinkan Anda bisa bermain dengan sistem operasi Fuchsia di komputer atau ponsel silakan klik di sini.

0 komentar:

Posting Komentar test