Aug 31, 2018

Li-Fi Teknologi Terbaru Pengganti Wi-Fi

Li-Fi Teknologi Terbaru Pengganti Wi-Fi

Teknologi Li-Fi

Saat ini, banyak sekali orang yang langsung menanyakan password Wi-Fi saat berada di hotel, tempat makan, cafĂ©, kantor, sekolah, perguruan tinggi, atau tempat lainnya yang ada jaringan Wi-Fi atau Wireless Fidelity-nya. Akses internet menggunakan Wi-Fi dianggap lebih cepat dibandingkan menggunakan akses internet menggunakan seluler. 

Kebutuhan akses internet atau terhubung di dunia maya menggunakan Wi-Fi sudah menjadi kebutuhan manusia modern saat ini. Tapi tahukah Anda bahwa di luar negeri para ahli masih terus berinovasi dan mengembangkan teknologi WiFi tersebut. 

Akses Wi-Fi yang kita kenal sekarang sebagai teknologi nirkabel untuk sebuah jaringan internet, kemungkinan sebentar lagi akan berganti. Pasalnya dari berbagai hasil pecobaan yang dilakukan oleh Oxford University dan University College baru-baru ini menemukan pengganti Wi-Fi yang diberi nama Li-Fi, yakni sebuah teknologi di mana cahaya dijadikan sebagai medium pengantar data yang bisa mentransfer data dengan kecepatan mencapai 100 Gbps. 

Apa Itu Li-Fi? Li-Fi sendiri merupakan singkatan dari Light Fidelity yaitu sebuah jaringan nirkabel untuk sistem komunikasi yang menggunakan cahaya sebagai medianya. Teknologi ini tidak lagi memakai frekuensi radio konvensional seperti pada Wi-Fi. Teknologi yang bisa mentransfer data hingga 100 Gbps. 

Cara Kerja Li-Fi? Cara kerja Li-Fi membutuhkan dua sumber cahaya yang berada pada masing-masing ujung perangkat. Sumber cahaya yang bisa digunakan yaitu LED atau detektor foto (Light Sensor). Saat cahaya LED menyala, maka cahaya sensor pada ujung perangkat lainnya akan mendeteksinya dan mengartikannya sebagai biner 1. Dalam jumlah cahaya LED tertentu tadi, sebuah pesan akan dikirimkan dan kemudian ditangkap oleh detektor cahaya pada perangkat lainnya. 

Selanjutnya teknologi Li-Fi ini akan memakai beberapa warna pada cahaya LED. Jika warna-warna ini menyala bersama-sama maka hal ini akan menciptakan bangunan informasi yang sangat besar untuk dikirimkan secara sekaligus. 

Saat ini saja hanya dengan menggunakan laser warna hijau dan laser warna merah secara bersamaan sebuah data bisa terkirim dengan kecepatan 1 Gbps. Jika menggunakan banyak warna maka kecepatannya akan mencapai berkali-kali lipat. 

Mengapa Li-Fi Lebih Cepat? Li-Fi yang memiliki kecepatan data berkali-kali lipat dibandingkan dengan Wi-Fi ini disebabkan karena jenis LED yang merupakan semikonduktor punya sifat berbeda dengan jenis lampu lainnya. Dengan sifat dan ciri-ciri seperti ini membuat LED mampu untuk beralih on dan off dalam beberapa nanodetik atau miliar detik. 

Nanodetik ini jika dikonversikan dalam kecepatan data setara dengan 1 Gbits/s. Maka dari itu saat Wi-Fi hanya bisa mencapai 100 Mbits/s kecepatan datanya, maka Li-Fi memiliki kecepatan 10 kali lebih cepat dari Wi-Fi. 

Keunggulan Li-Fi
Keunggulan menggunakan Li-Fi adalah memudahkan siapa saja untuk mengakses internet dimana pun bahkan di wilayah terpencil sekalipun yang tidak bisa dijangkau oleh kabel optik. Selain itu Li-Fi juga dapat digunakan mengontrol kondisi lalu lintas dengan cara menempatkan teknologi baru ini ke LED mobil. 

Fungsi yang sama ternyata juga dapat diterapkan dengan lampu overhead pesawat. Keunggulan lain dari teknologi Li-Fi adalah mampu mengurangi polusi elektromagnetik yang dihasilkan oleh gelombang radio. 

Kelemahan Li-Fi 
Walaupun memiliki banyak keunggulan teknologi Li-Fi juga masih memiliki beberapa kelemahan dibanding sistem Wi-Fi konvensional. Li-Fi yang diterapkan secara base station pada langit-langit ruangan ini membutuhkan direct line of sight atau “pandangan” langsung ke perangkat tujuan. Direct line ini ternyata juga harus dilengkapi receiver khusus, seperti koneksi infra red pada gadget jaman dulu. 

Selain itu, perangkat tujuan ini tidak boleh dipindah-pindahkan. Dari perkembangan yang ada, teknologi Li-Fi juga menyimpan banyak tantangan antara lain membutuhkan line-of-sight yang sempurna untuk mengirimkan data. Tantangan berat lainnya yaitu cara mengirimkan kembali data ke pemancar secara optimal, seperti dikutip dari Maxmonroe.com. 
Li-Fi Teknologi Terbaru Pengganti Wi-Fi
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon