Pengalaman Menggunakan Asus Zenfone Max Pro M1 RAM 4GB Selama 1 Bulan

Senin, 27 Agustus 2018
ASUS Zenfone Max Pro M1 4GB

ASUS Zenfone Max Pro M1 hampir selama beberapa bulan menjadi smartphone yang paling dicari di tanah air, bahkan harganya jadi melambung di atas harga jual resminya. Alasan smartphone paling dicari karena spesifikasi dan fiturnya bisa dibilang mantap tetapi harganya tetap terjangkau.

Harga resmi ASUS Zenfone Max Pro M1 RAM 3GB dengan memori internal 32GB dibanderol dengan harga Rp.2.299.000,-. Sedangkan harga ASUS Zenfone Max Pro M1 RAM 4GB memori internal 64GB dibanderol dengan harga Rp.2.799.000,-, yang membuat produsen lain bersaing dengan ASUS Zenfone Max Pro M1.

Beruntung saya salah satu yang mendapatkan kesempatan memiliki smartphone ASUS Zenfone Max Pro M1 dengan RAM 4GB. Berikut ulasan tentang smartphone ASUS Zenfone Max Pro M1 RAM 4GB dengan memori internal 64GB setelah digunakan selama sebulan :

Tampilan dan layar ASUS Zenfone Max Pro M1

Tampilan
Melihat tampilan dari ASUS Zenfone Max Pro M1 bisa dibilang smartphone ini memiliki tampilan yang oke dan sangat cocok bagi para gamers, pasalnya tampilan dari smartphone ini terlihat lebih kokoh, dan nyaman digenggaman dan yang pasti disukai adalah karena baterainya yang tahan lama. 

Smartphone ini pernah terjatuh tanpa disengaja dari ketinggian 1-2 meter ke lantai tetapi tidak mengalami masalah karena smartphone ini memiliki cover bawaan yang dapat melindungi bagian belakang dari smartphone ini.

Layar
Layar smartphone ini menggunakan Full HD + berukuran 6 inci dengan resolusi 2160x1080 piksel, yang menurut saya cukup jernih dan jelas untuk digunakan bermain game, nonton video youtube, membaca internet, membaca media sosial baik pada siang ataupun malam hari.
Kamera Belakang ASUS Zenfone Max Pro M1

Kamera
Kamera belakang ASUS Zenfone Max Pro M1 memiliki sensor 13MP dan 5MP yang mampu mengambil foto bokeh, hasilnya tidak mengecewakan untuk Anda yang hobi foto selfie. Kamera utamanya memiliki hasil yang cukup jelas dan jernih. Tetapi sayangnya tidak ada pengaturan manual seperti kamera smartphone Asus Zenfone seri 3, Seri 4 dan Seri 5.

Tampilan Kamera ASUS Zenfone Max Pro M1

Tapi masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan aplikasi yang mirip dengan kamera DSLR seperti Google Camera, Camera FV-5 Lite, dan lain-lain. Sehingga Anda bisa mengatur smartphone ASUS Zenfone Max Pro M1 layaknya kamera DSLR atau mirrorless.

Yang saya suka dari kamera ASUS Zenfone Max Pro M1 adalah kemampuan merekam videonya bisa lebih panjang dan lama karena memori internalnya lebih besar dan baterainya tahan lama sehingga saat digunakan untuk merekam video berbagai kegiatan bisa digunakan lebih dari 1 jam tanpa harus menghubungkan ponsel ini dengan powerbank atau harus terhubung ke colokan listrik.
Pengaturan Video Kamera 4K

Smartphone ini mampu merekam video dengan kemampuan 4K UHD 3840x2160 piksel. Cukup terkesan dengan fitur ini, sayangnya smartphone ini kurang begitu bagus saat digunakan pada malam hari, noise atau bintik-bintiknya terlihat lebih banyak dari ASUS Zenfone 3 sekalipun.

Sedangkan kamera depannya memiliki kemampuan 8MP dengan LED Flash yang dilengkapi dengan berbagai pilihan pengaturan seperti Mono, Sepia, Negatif, Solarisasi, Posterisasi, Aqua, Embos, Skesta dan Neon. 

Daleman 
Smartphone ini menggunakan CPU Qualcomm Snapdragon 636, dengan 64 bit dengan prosesor Octa-core, sedangkan GPUnya menggunakan Adreno 509 yang sanggup memainkan berbagai game berat dengan tanpa jeda atau lag. 

Maka tidak heran para gamers menyarankan menggunakan smartphone ini untuk mereka yang memiliki anggaran di bawah 3 jutaan. Karena dari performa dan grafisnya smartphone ini cukup mantap saat digunakan untuk bermain game berat seperti Mobile Legends, AOV dan lain-lain. 

Smartphone ini memiliki varian RAM yang berbeda-beda, kebetulan yang saya gunakan adalah RAM 4GB dan memori internal 64GB yang mampu menyimpan file, video, foto, atau file lainnya lebih banyak meskipun tanpa menggunakan slot kartu MicroSD. 

Sistem operasi yang digunakan pada ASUS Zenfone Max Pro M1 adalah Pure Android 8.1, maka tidak heran jika tampilannya seperti smartphone Android One yang bisa dibilang monoton dan kurang atraktif dibandingkan smartphone yang sudah menggunakan Zen UI. 

Sensor Sidik Jari ASUS Zenfone Max Pro M1

Sensor 
Smartphone dengan harga terjangkau ini cukup memiliki fitur keamanan yang bisa dibilang tidak ketinggalan zaman. Pasalnya smartphone ini sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari pada bagian belakangnya. Kemampuan membukanya bisa dibilang cepat yakni hanya sekitar 0,03 detik. 

Sedangkan untuk Anda yang tidak mau praktis dan mencari keamanan yang lebih tinggi bisa menggunakan sensor pengenalan wajah. Untuk membuka smartphone dengan menggunakan pengenalan wajah walaupun agak sedikit lama dibandingkan menggunakan sensor sidik jari. 

Baterai 
Kapasitas baterai yang disematkan pada smartphone ASUS Zenfone Max Pro M1 adalah 5.000mAh yang sanggup bertahan lebih dari satu hari satu malam untuk penggunaan normal. Sedangkan untuk digunakan untuk merekam video selama 1-2 jam bisa bertahan sehari semalam. 

Tapi sayangnya untuk mengisi ulang baterai ini adalah membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam hingga full. Sayangnya smartphone ini tidak menggunakan pengisian cepat.

Box ASUS Zenfone Max Pro M1

Kesimpulan 
Untuk harga smartphone dikisaran 2-3 jutaan, smartphone ASUS Zenfone Max Pro M1 dengan RAM 4GB dan penyimpanan 64GB bisa dibilang direkomendasikan.

0 komentar:

Posting Komentar test