ASUS VivoBook Flip TP410 Laptop Pilihanku

Rabu, 05 September 2018
ASUS VivoBook Flip TP410

Dua tahun terakhir ini selain kesibukan saya bertambah selain sebagai seorang pendidik, saya juga mendapatkan tugas tambahan baru dari Dinas Pendidikan Kabupaten sebagai guru pendamping untuk Program Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013. 

Tugas baru ini membuat saya sering mengisi workshop atau pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 ke berbagai tempat sebagai pemateri atau IKA (Instruktur Kabupaten). Tugasnya tentu menyampaikan materi yang telah saya terima sebelumnya oleh para instruktur Provinsi atau Nasional dan dibagikan kepada rekan-rekan guru lainnya. 

Kegiatan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013
Setiap kegiatan workshop atau pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 tersebut, pasti membutuhkan laptop untuk melakukan presentasi kepada guru-guru sasaran atau menyelesaikan tugas untuk mengirimkan data kepada LPMP (Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan) atau ke Dinas Pendidikan setempat. 

Tugas baru ini mengharuskan saya mengunjungi sekolah-sekolah induk klaster dan sekolah imbas yang lokasinya jauh dari tempat saya mengajar atau tempat tinggal saya. Tetapi karena sudah tugas saya harus tetap semangat menjalani itu semua dengan ikhlas. Apalagi didasari niat untuk memberikan ilmu kepada orang lain itu adalah ibadah.

ASUS X441S

Dalam menjalani aktivitas saya sebagai seorang guru pendamping, saya pasti menggunakan laptop untuk mengerjakan berbagai tugas tersebut. Laptop yang digunakan saat ini ASUS X441S yang memiliki layar 15 inci, dan speaker SonicMaster. Dengan laptop ini saya sangat terbantu saat mengerjakan berbagai tugas sebagai seorang pendidik atau sebagai guru pendamping. 

Tetapi ada hal yang membuat saya ingin mengganti laptop saya, yakni karena ukurannya yang cukup besar sehingga saat dibawa kemana-mana terasa berat apalagi kondisi jalanan yang tidak rata dan berbatu menuju ke sekolah imbas. Sehingga saat sampai di rumah, badan terasa pegal dan kaku setelah menjalani kegiatan tersebut.


Pelatihan blog di balai desa dan pendopo Indramayu

Selain sebagai seorang guru, saya juga seorang blogger atau konten kreator. Setiap hari saya selalu menulis minimal satu artikel untuk diposting di blog pribadi, atau di blog komunitas yang berisi seputar informasi wisata, kuliner, tokoh, cerita rakyat dan hal-hal menarik dari daerah saya sendiri yakni Indramayu.

Saat ini untuk menghasilkan tulisan atau artikel yang menarik pembaca maka seorang blogger harus melengkapi tulisannya dengan gambar dan infografis yang atraktif dan menarik. Sehingga pembaca betah berlama-lama membaca tulisan di blog kita.

Merekam kegiatan pembelajaran untuk diunggah di Youtube

Kegiatan sharing atau berbagi dengan rekan-rekan blogger pemula di desa pun sering saya lakukan. Ini tidak lain untuk memberikan pemahaman terhadap manfaat dari internet, salah satunya dengan memanfaatkan blog untuk berbagai kepentingan. Dari sekedar hobi, promosi, personal branding, bahkan hingga menghasilkan uang dari blog.

Tidak hanya ngeblog sekarang saya juga sering membuat video-video untuk diunggah ke Youtube atau media sosial lainnya. Berbagai kegiatan yang berhubungan dengan aktivitas saya di sekolah, saat traveling, atau tutorial-tutorial berhubungan dunia gadget dan teknologi biasanya diunggah ke Youtube atau media lainnya. 
Sedang memberikan materi blog di Desa Majasari Indramayu

Untuk melakukan berbagai aktivitas tersebut saya membutuhkan laptop dengan spesifikasi yang cukup tinggi agar tidak sering ngelag atau jeda saat mengedit video, gambar, membuat presentasi atau membuka berbagai aplikasi seperti Photoshop, Filmora, dan aplikasi yang cukup berat lainnya. 

Solusinya tentu dengan mencari laptop terbaru yang lebih ringan, memiliki spesifikasi yang mumpuni tetapi harganya tetap terjangkau di kantong seorang guru. Salah satu pilihannya adalah ASUS VivoBook Flip TP410. Alasannya adalah : 

Ukurannya Ringan dan Tipis
Sesuai dengan harapan saya, bahwa ASUS VivoBook Flip TP410 menggunakan bahan alumunium yang ringan dengan berat hanya 1,6 Kg sehingga nyaman saat dibawa bepergian bahkan dalam kondisi jalanan yang tidak rata dan jauh sekalipun. Tentu laptop ini sangat cocok untuk saya dan juga rekan-rekan yang sering bepergian membawa laptop. 

Selain ringan, laptop yang diharapkan adalah laptopnya berukuran tipis, dan laptop ASUS ini hanya memiliki ketebalan sebesar 1,92cm sehingga sangat praktis saat digunakan atau dibawa kemanapun. Sangat cocok digunakan bagi saya atau Anda yang sering bepergian membawa dan menggunakan laptop. 

Layarnya Menggunakan NanoEdge 
Saya sebenarnya menyukai layar laptop yang memiliki ukuran layar lebih besar karena tulisan dan gambarnya lebih jelas dibandingkan dengan laptop yang berukuran kecil. Tetapi terkadang kesulitan saat membawa laptop tersebut ke dalam tas atau ransel maka saya mencari laptop yang lebih kecil dan ringan. 

ASUS Vivobook Flip TP410 memiliki layar berukuran 14 inci dengan tampilan ultra-tipis dengan fitur “NanoEdge” yakni fitur yang memaksimalkan ukuran layar dan meminimalkan ukuran bodinya, sehingga sangat nyaman saat dimasukkan ke dalam tas atau ransel saat dibawa kemana-mana.  

Tampilan layarnya Full HD dengan resolusi 1920x1080 piksel yang dilengkapi dengan teknologi wide-view hingga 178° sehingga warna dan kontras dari layar laptop ini tajam dan lebih hidup termasuk dari sudut pandang yang berbeda sekalipun sehingga sangat nyaman saat digunakan untuk menjelaskan kepada rekan-rekan guru, murid atau bahkan dengan keluarga sendiri sekalipun. 

Menariknya layar dari laptop ini sudah menggunakan layar sentuh dengan presisi tinggi dan sensitivitas yang lebih besar dari tampilan standar sehingga saat disentuh dengan sentuhan kecilpun bisa terdeteksi. Laptop ini juga sudah mendukung menggunakan ASUS Pen. 

Sensor Sidik Jari 
Laptop merupakan barang pribadi yang tidak boleh semua orang tahu. Apalagi seperti saya sebagai seorang guru yang sering membuat soal-soal USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional) membuat saya harus berhati-hati dengan file yang tersimpan di laptop saya sehingga tidak boleh sembarangan orang yang tahu. 

Beruntung ASUS Vivobook Flip TP410 sudah dilengkapi dengan teknologi mutakhir yakni dilengkapi dengan fitur fingerprint sensor atau sensor sidik jari sehingga tingkat keamanannya lebih tinggi. Dengan sensor sidik jari ini, tentu tidak bisa sembarang dibuka oleh orang lain apalagi dicuri oleh orang yang tidak bertanggungjawab sehingga keamanan data yang ada di dalamnya tetap terjamin termasuk soal-soal USBN. 

Laptop ini sudah mendukung fitur Windows Hello yang umumnya hanya hadir di laptop kelas premium. Dengan Windows Hello, pengguna bisa sign-in ke Windows 10 yang terinstalasikan di dalam laptop ini hanya dengan sentuhan jari. Dengan demikian, faktor keamanan juga semakin meningkat. 

Semua produk laptop ASUS terbaru termasuk ASUS VivoBook Flip TP410 juga sudah preinstall Windows 10 jadi Anda tidak pusing lagi dengan tulisan di laptop “Windows Not Genuine” yang menyebalkan itu. 

Bisa Berubah Menjadi 4 Bentuk 
Bentuk laptop biasanya hanya bisa dibuka maksimal kurang dari 180 derajat tetapi menariknya laptop ASUS VivoBook Flip TP410 bisa diubah bentuknya menjadi beberapa bentuk yakni media stand (Berdiri), powerful laptop (seperti laptop pada umumnya), responsive tablet (Tablet PC) dan share viewer (Bisa dilihat oleh orang lain). 

Dengan bentuk yang bervariasi ini tentu sangat bermanfaat bagi saya sebagai seorang guru, blogger, atau youtuber mengetik dan mengedit gambar atau video dalam bentuk laptop. Tetapi saat bertugas sebagai guru pendamping maka bentuk share viewer sangat dibutuhkan untuk menjelaskan kepada guru sasaran. Dan saat sedang santai bisa mengubah bentuk tersebut menjadi sebuah PC untuk membaca e-book, mendengarkan musik, menonton video atau membaca artikel dari berbagai media online dalam maupun luar negeri. 


Dilengkapi dengan Speaker SonicMaster
Laptop yang saya gunakan sekarang speakernya sudah menggunakan SonicMaster. Kelebihan dari speaker ini adalah suara yang dihasilkan sangat jernih dan menggelegar untuk ukuran sebuah laptop. Sangat cocok bagi Anda yang hobi mendengarkan musik, menonton video atau bermain game. 

Laptop ASUS VivoBook TP410 sudah menggunakan SonicMaster yang terkenal dengan suaranya yang nyaring dan jernih. Sehingga saat di dalam ruangan guru atau di dalam kamar ingin mendengarkan musik, menonton video maka dengan speaker bawaan dari laptop ASUS saja sudah cukup. 

Konektivitas Cepat dan Lengkap
Laptop harus dilengkapi dengan berbagai konektivitas untuk berbagai keperluan termasuk mengakses internet. Laptop ASUS ini sudah dilengkapi berbagai macam konektivitas seperti Bluetooth 4.1, dual-band 802.11ac Wifi berdaya rendah yang lebih handal dan 6x lebih cepat dari generasi sebelumnya yakni versi Wi-Fi 802.11n. Koneksi yang cepat sangat dibutuhkan untuk berbagai keperluan saya sebagai guru, blogger dan Youtuber seperti mengirim data, mengunggah file, menonton video dan lain-lain. 

Selain itu laptop ASUS VivoBook TP410 juga dilengkapi dengan berbagai port seperti USB Type C untuk transfer data yang lebih cepat, tetapi masih tersedia port USB 2.0 standard, SD Card Reader,  dan HDMI untuk menghubungkan ke berbagai perangkat dan periperal.


Keyboard Nyaman
Produk-produk laptop keluaran ASUS yang saya sukai adalah rancangan keyboardnya. Dimana keyboardnya memiliki tombol ukuran penuh dan jarak antara satu tombol dengan tombol yang lainnya tidak terlalu dekat sehingga sangat nyaman saat digunakan untuk mengetik cepat. 

Apalagi laptop ASUS VivoBook Flip TP410 memiliki tombol backlit yakni cahaya yang ada di sekitar tombol sehingga pengguna tetap produktif tidak hanya pada siang hari saja tetapi dalam kondisi lingkungan yang gelap sekalipun pengguna akan tetap nyaman mengetik karena huruf-huruf pada keybord terlihat jelas. 


Performa Menawan
Bicara laptop tentu harus memikirkan performa daleman dari laptop tersebut yakni prosesor yang cepat dan memorinya yang besar sehingga saat digunakan untuk beraktivitas tidak mengalami kendala baik dari proses booting, melakukan tugas seperti mengetik, mengedit gambar dan video, membuat presentasi, hingga mematikan kembali laptop tersebut.

ASUS VivoBook TP410 menggunakan prosesor dengan pilihan Intel Core i3 7100U atau Intel Core i5 7200U dengan RAM 8GB SDRAM serta penyimpanan internalnya memiliki kapasitas 500GB 5400RPM SATA HDD atau 1TB 5400RPM SATA HDD. Sehingga pengguna akan lebih leluasa saat menyimpan file atau dokumen di dalam laptop tersebut.

Baterai Kapasitas Besar
Sebagai orang yang sering menggunakan laptop, maka hal yang paling dicari adalah laptop yang memiliki baterai berkapasitas besar sehingga bisa digunakan lebih dari 3 jam atau bahkan yang bisa digunakan seharian sehinga tidak repot mencari aliran listrik. 

ASUS VivoBook Flip TP410 dapat memahami keinginan tersebut dengan melengkapi laptop ASUS VivoBook TP410 dengan teknologi pengisian daya yang mampu mengurangi kerusakan akibat pembengakan baterai dan bisa memperpanjang masa pakai baterai.


Webcam Untuk Video Call
Komunikasi saat ini tidak hanya melalui audio atau suara, tetapi juga sudah menggunakan audio visual. Dengan menggunakan audio visual, komunikasi akan lebih lengkap dan terlihat ekspresi dan suasana hati pengirim dan penerima pesan.

Laptop ASUS ini sudah dilengkapi dengan webcam. Fungsinya tentu dapat digunakan untuk video call menggunakan aplikasi perpesanan atau aplikasi kamera lainnya sehingga komunikasi dengan rekan kerja, dan keluarga tetap terhubung.


Harga laptop ASUS VivoBook Flip TP410 ada tiga varian yakni menggunakan prosesor i5-7200U dengan RAM 8GB, penyimpanan 1TB dibanderol dengan harga Rp.9.099.000,-, sementara untuk varian dengan prosesor i3-7100U dengan RAM 4GB dan penyimpanan internal 1TB dibanderol dengan harga Rp.7.099.000,- dan prosesor i3-7100U dengan RAM 4GB dan memori 500GB dibanderol dengan harga Rp. 6.899.000,-
   
Itulah beberapa kelebihan dari laptop ASUS VivoBook TP410 yang membuat saya ingin mengganti laptop yang saya gunakan sekarang. Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog ASUS Laptopku Blogging Competition by Uniekkaswarganti.com.


10 komentar for ASUS VivoBook Flip TP410 Laptop Pilihanku :

  1. Wah keren ni bisa jadi alat bantu mengajar

    BalasHapus
  2. keren mass,, salam kenal dari saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah mampir ke blog saya

      Hapus
  3. Keren banget laptopnya ya Kang, bisa muter muter jadi 4 mode kayak gitu. Layar sentuh pula

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas keren laptopnya cocok buat yang sering mobile nih...

      Hapus
  4. Wow, mantap mas review ASUS VivoBook-nya. Kalo laptopnya ringan dan ringkas kyk gini memang cocok sama yang sering mobile kayak Kang Didno. Buat ngasih pengarahan juga pasti tambah asyik yah, laptopnya bisa diputar2 gtu. Mudah2an bisa punya satu yah mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul sepertinya mantaap untuk presentasi, memberikan materi blog dan juga asyik buat edit gambar dan video..

      Hapus
  5. Terima kasih Kang Didno sudah berpartisipasi dalam ASUS Laptopku Blogging Competition. Good luck.

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam