Facebook, Instagram, dan WhatsApp Tidak Lagi Pra-Instal di Ponsel Huawei

Monday, June 10, 2019
Ponsel Huawei

Ibarat pepatah “sudah jatuh tertimpa tangga” itulah yang sedang dialami oleh Huawei. Setelah Google memutus kerjasama dengan Huawei akibat kebijakan Presiden Amerika Serikat Donald Trumph, kini Huawei dikabarkan akan ditinggal oleh Facebook, Whatsapp dan Instagram. 

Menurut Reuters, Facebook sedang bersiap-siap untuk menarik dukungannya untuk perangkat Huawei. Facebook berencana untuk tidak lagi mengizinkan pra-instalasi aplikasi populer raksasa jejaring sosial itu pada perangkat mobile dari raksasa teknologi China tersebut. 

Ini tentu akan menyulitkan penjualan smartphone Huawei di negara-negara yang mayoritas menggemari media sosial seperti facebook dan Instagram, serta aplikasi perpesanan Whatsapp termasuk di negera kita Indonesia yang mayoritas pengguna ketiganya. 

Selain itu, Huawei juga terancam ditinggalkan oleh mitra bisnis utamanya, pemasok komponen utama, dan perusahaan yang telah bekerjasama dengan Huawei yang menimbulkan kesulitan baru dan menciptakan masalah yang lebih besar bagi Huawei. 

Beberapa perusahaan seperti Qualcomm, Intel dan Arm juga bersiap memutuskan kerjasama dengan Huawei karena desakan dari Pemerintah Amerika Serikat yang membuat Huawei semakin kesulitan untuk memasarkan produk-produknya di berbagai negara. 

Perangkat yang sudah beredar kemungkinan tidak akan terpengaruh oleh keputusan Facebook, karena mereka akan terus menerima pembaruan setiap saat termasuk aplikasi perpesanan instan Whatsapp. Tetapi ponsel Huawei yang belum dirilis diperkirakan akan hadir tanpa layanan tersebut, seperti dikutip dari PhoneArena.com (07/06/2019). 

Pemerintah Amerika Serikat masih memberikan tenggang waktu selama 90 hari bagi Huawei sebelum Google memutuskan akses ke Play Store. Dengan adanya banyak permasalahan ini menurunkan tingkat popularitas smartphone besutan Huawei termasuk anak perusahaannya Honor. 

Tapi tidak menutup kemungkinan, dengan ditutupnya akses layanan ke Play Store, Facebook, Instagram dan Whatsapp membuat Huawei akan mencari alternative sendiri dengan membuat pesaing Play Store dan aplikasi perpesanan saingan dari Facebook dan kawan-kawan.

0 comments:

Post a Comment test