Prediksi Soal Tes CPNS Materi Penalaran Analitis

Monday, December 16, 2019

Prediksi Soal Tes CPNS Tahun 2019 Materi Penalaran Analitis – Berdasarkan Permen PAN RB Nomor 23 Tahun 2019 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2019, selain berisi alokasi penetapan kebutuhan PNS juga terdapat kisi-kisi Tes CPNS Tahun 2019.


Berdasarkan Permen PAN RB Nomor 23 Tahun 2019 yang ditandatangani oleh Menteri PAN RB Tjahyo Kumolo tertanggal 30 Oktober 2019 terdapat kisi-kisi Tes CPNS, salah satunya adalah materi tentang penalaran analitis.


Tes Penalaran Analitis bertujuan untuk mengukur kemampuan individu untuk menganalisis informasi yang diberikan dan menarik kesimpulan.

1. Andi, Budi, dan Charli menyukai bola basket. Charli, Desta dan Edo memakai arloji. Siapakah yang jatuh arlojinya ketika bermain basket? 
A. Andi 
B. Budi 
C. Charli 
D. Desta 
E. Edo 
Yang jatuh arlojinya ketika bermain basket adalah anak yang suka bermain basket dan memakai arloji, yakni Charli

2. Sejumlah mata kuliah dapat diambil oleh mahasiswa pasa semester pertama. Mahasiswa dapat memilih kuliah A, B, C. D, E, F, dah G dengan ketentuan sebagai berikut: Jika mata kuliah G diambil, mata kuliah C harus diambil Jika mata kuliah C dan B diambil, mata kuliah A tidak boleh diambil Jika mata kuliah B dan A diambil, mata kuliah E tidak boleh diambil. Jika mata kuliah A diambil, salah satu dari mata kuliah D dan F harus diambil, tidak boleh keduanya. Salah satu mata kuliah D dan E harus diambil, tidak boleh keduanya. Jika mata kuliah D dan F tidak diambil, jumlah maksimum mata kuliah yang diambil mahasiswa adalah ...
A. 2 
B. 3 
C. 4 
D. 5 
E. 6

3. Pamanku memiliki beberapa anak, diantaranya adalah Anton, Bowo, Cika, Desti, Anji, Dinar, dan Meli. Anton lebih tua daripada Cika, dan Bowo lebih muda daripada Desti. Jika Endang lebih tua dari Desti, manakah pernyataan berikut yang benar? 
A. Cika sama dengan Endang 
B. Endang lebih tua dari Anton 
C. Anton lebih tua dari Endang 
D. Endang lebih tua dari Bowo 
E. Cika lebih tua dari Endang 

Bowo < Desti => Desti >Bowo 
Endang > Desti 
Maka urutannya : Endang > Desti > Bowo Jadi, Endang lebih tua daripada Bowo

Soal No.4-6 
4. Lukisan karya Maria lebih indah daripada lukisan karya Meti. Lukisan karya Tutut lebih indah daripada lukisan karya Meti, tetapi tidak lebih indah daripada lukisan karya Maria. Lukisan Endang lebih indah daripada lukisan Maria dan Tutut. Lukisan siapakah yang tidak lebih indah daripada lukisan Tutut? 
A. Endang 
B. Maria 
C. Endang dan Maria 
D. Meti 
E. Tidak ada

5. Lukisan siapakah yang paling indah? 
A. Endang 
B. Maria 
C. Tutut
D. Meti 
E. Tidak ada 

6. Lukisan siapakah yang tidak lebih indah daripada lukisan Meti? 
A. Endang
B. Maria
C. Tutut
D. Meti
E. Tidak ada

Soal 7 dan 8 
7. Dalam lapangan parkir tersedia enam tempat parkir berderetan, diberi nomor 1 sampai 6. Lima buah mobil yang warnanya berbeda satu sama lain, yaitu biru, hijau, merah, putih, dan hitam, akan diparkir ditempat parkir tersebut, masing-masing menempati satu tempat dengan ketentuan sebagai berikut. a. Mobil merah harus diparkir di 3 b. Mobil biru harus diparkir di samping tempat mobil hitam diparkir c. Mobil hijau tidak boleh diparkir di samping tempat mobil putih diparkir Jika mobil putih diparkir di 1, maka tempat parkir yang kosong? 
A. 6 
B. 5 
C. 4 
D. 3
E. 2

8. Jika mobil hijau parkir di nomor 2, mana tempat parkir yang kosong? 
A. 1 
B. 3 
C. 4 
D. 5 
E. 6

Soal No.9 dan 10 
Asih, Bima, Cecep, Dedy, dan Entin secara acak memiliki kesukaan terhadap olahraga futsal, voli, tenis, badminton, dan basket. Tiga dari mereka menyukai futsal, masing-masing dari kelima anak itu menyukai dua olahraga yang berbeda. Tidak ada yang menyukai futsal juga menyukai tenis. Entin menyukai tenis. Hanya Asih dan Bima yang menyukai badminton dan apa yang disukai oleh Dedy pasti juga disukai oleh Cecep. 
9. Bila Entin menyukai basket maka pernyataan berikut yang salah adalah ... 
A. Cecep menyukai tenis 
B. Cecep menyukai voli 
C. Bima menyukai basket 
D. Asih menyukai futsal 
E. Dedy menyukai voli

10. Bila Cecep menyukai basket maka pernyataan yang benar adalah 
A. Asih menyukai basket 
B. Dedy menyukai futsal 
C. Asih menyukai tenis 
D. Dedy menyukai tenis 
E. Entin menyukai voli

Bagi rekan-rekan yang membutuhkan soal tes CPNS Materi Penalaran Analitis silakan 

Loading...

0 comments:

Post a Comment test