Cara Membuat Bahan Ajar Menggunakan Animasi

Wednesday, May 20, 2020

Cara menggunakan bahan ajar menggunakan animasi - Bapak dan ibu guru di zaman yang canggih ini, harus inovatif dan kreatif dalam pembelajaran di kelas. Jika hanya menggunakan metode ceramah mungkin bosan sehingga pembelajaran dianggap tidak menarik. 

Untuk mengatasi kejenuhan tersebut, bapak dan ibu guru harus mencoba membuat bahan ajar yang menarik. Kalau kemarin kita membahas membuat PowerPoint untuk animasi, sekarang yang akan kita bahas adalah cara membuat bahan ajar menggunakan animasi. 


Aplikasi yang digunakan untuk membuat bahan ajar menggunakan animasi berbasis web dari animaker.com. Dalam membuat animasi ini, tentu dibutuhkan akses internet dan laptop atau komputer. 

Nah bagi Anda yang penasaran dengan materi ini, berikut kami akan memberikan tutorial tentang cara membuat bahan ajar menggunakan animasi : 

Buka dari browser Anda www.animaker.com 



Lalu tekan Sign Up untuk daftar atau Login jika sudah daftar


Untuk daftar bisa menggunakan akun Google atau Facebook tinggal menekan ikonnya saja

Tampilannya setelah login seperti ini

Lalu tekan Create 

Kemudian muncul pilihan seperti ini, silakan pilih Create a video karena kita akan membuat video, nanti akan membuka tab animaker baru 


Muncul tampilan seperti ini, kemudian pilih + Blank  Untitled Video



Akan muncul tampilan seperti ini pada tab baru, Anda tinggal tekan Let's do it 

Lalu muncul tampilan seperti ini ada Menu, dan Scene. Menu ada beberapa pilihan Pre-built Templates, Character, Properties, Text, Background, Images, Videos, Music, Special Effects, dan Uploads. Sedangkan Scene bisa ditambah beberapa scene 

Sekarang coba kita membuat background terlebih dahulu caranya tekan ikon BG lalu pilih background Office, Business, Gradient Backgrounds, Photo backgrounds, Video Backgrounds. Sedangkan pada bagian kotak merah ada pilihan Filters, Change Colors, Resize, Swap, Flip, dan Remove. 


Untuk menambah karakter tekan ikon Characters, lalu pilih karakter yang sesuai dengan Anda, lalu ada beberapa ikon seperti Action, Action+, Voice Over, Smart Move, Change Color, Swap, Flip, Settings, dan Delete.  


Jika ingin mengatur agar orangnya bergerak atau bagian tubuh bergerak, maka atur posisi karakter orang, kemudian agar terlihat hidup maka gunakan pengaturan Action+ seperti ini


Anda bisa menambahkan teks ke dalam video caranya seperti ini 


Jenis tulisan, besar dan kecilnya, ketebal, dan warnanya bisa diatur 


Bagi Anda yang ingin menambahkan gambar sendiri ke video, caranya dengan menekan ikon Uploads lalu pilih gambar yang akan diunggah lalu tekan Upload, maka gambar akan tampil seperti di gambar   


Pilih gambar tersebut lalu masukan ke dalam video, bisa menggunakan drag and drop atau tekan pada gambar lalu arahkan ke scene tersebut. Ada beberapa pengaturan gambar masuk dan keluar dengan mengatur Settings Enter Effect, Exit Effect, dan pengaturan lainnya seperti Transparency, Arrangements. 


Sekarang bagaimana cara mengisi suara pada video tersebut, pertama tekan pada gambar karakter lalu pilih gambar mic terus pilih Record Voice-Over, ada pilihan Record Voice, Text to Speect dan Upload.


Akan muncul tampilan seperti ini, tinggal tekan Izinkan, lalu tekan Mic yang berwarna biru


Setelah merekam maka tampilannya seperti ini, Untitled Video bisa diganti dengan nama video yang Anda inginkan lalu tekan Publish


Ada pilihan download atau share ke media sosial



Selamat mencoba semoga berhasil 

1 komentar on Cara Membuat Bahan Ajar Menggunakan Animasi

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam