Nov 18, 2021

RPP dan Silabus Adiwiyata Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester Ganjil

RPP dan Silabus Adiwiyata Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester Ganjil

 

RPP & Silabus Adiwiyata Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester Ganjil (Canva.com)

RPP dan Silabus Adiwiyata Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester Ganjil – Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. Program Adiwiyata sendiri merupakan sebuah program dengan tujuan untuk mewujudkan sekolah yang demikian. Program ini dilaksanakan dengan berdasarkan pada tiga prinsip utama, yaitu edukatif, partisipatif, dan berkelanjutan.


Program Sekolah Adiwiyata dilakukan penilaiannya sebanyak satu kali dalam setahun. Penilaian ini bertahap, mulai dari kabupaten/kota, provinsi hingga nasional. Penilaian yang dilakukan tersebut meliputi berbagai hal diantaranya adalah sebagai berikut :


Calon Sekolah Adiwiyata harus menyampaikan permohonan penilaian secara tertulis kepada tim penilai kabupaten/kota. Setelah tim penilai kabupaten/kota selesai melakukan penilaian, hasilnya akan diberikan kepada tim penilai provinsi. Tidak hanya berdasarkan hasil penilaian tersebut, tim penilai provinsi juga akan menilai pencapaian sekolah.


Hasil penilaian dari tim penilai provinsi akan disampaikan kepada tim penilai nasional. Sama dengan tim penilai provinsi, tim penilai nasional juga akan melakukan penilaian terhadap pencapaian sekolah tersebut.


Hasil penilaian dari tim penilai nasional selanjutnya disampaikan kepada menteri melalui dewan pertimbangan Adiwiyata. Sekolah mana yang akan mendapatkan penghargaan Sekolah Adiwiyata dari tingkat kabupaten/kota, provinsi hingga tingkat nasional.


Sekolah yang memenuhi nilai capaian akan mendapatkan penghargaan Sekolah Adiwiyata. Penghargaan tingkat kabupaten/kota akan diberikan oleh bupati/walikota, penghargaan tingkat provinsi akan diberikan oleh gubernur, dan penghargaan tingkat nasional serta mandiri akan diberikan oleh menteri terkait.


Sekolah yang sudah mengikuti program ini akan mendapatkan bantuan berupa dana pendampingan yang sesuai dengan kebutuhan sekolah dan yang telah disetujui oleh kementerian.


Dalam pelaksanaannya tidak hanya kegiatan sehari-hari siswanya di dalam kelas atau di lingkungan sekolah saja mereka belajar untuk peduli dan berbudaya lingkungan tetapi juga dalam pembelajarannya harus dimasukkan unsur-unsur peduli dan berbudaya lingkungan dalam perangkat pembelajaran gurunya.



Perangkat pembelajaran yang dimaksud adalah RPP (Rencana Pelaksanaan pembelajaran) dan Silabus yang harus memasukkan unsur-unsur peduli dan berbudaya lingkungan. Termasuk dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. 


Berikut ini kami berikan  RPP Sekolah Adiwiyata Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester Ganjil kiriman dari rekan guru dari SMPN 2 Singorojo Kendal silakan unduh disini 


Silabus Sekolah Adiwiyata Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester Ganjil silakan download disini 




RPP dan Silabus Adiwiyata Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester Ganjil
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon