Materi Mengenali Diri dan Perannya Sebagai Pendidik

Monday, June 20, 2022


Ibu dan bapak guru salam dan bahagia mengawali perjalanan kita di modul Merdeka belajar ini kita akan bersama-sama melakukan refleksi mengenali diri untuk lebih memahami peran sebagai pendidik berdasarkan pemikiran Ki Hajar Dewantara. 


Mari Kembali ke awal perjalanan kita sebagai pendidik. Dahulu saat memutuskan menjadi guru apa yang ada dalam pikiran ibu dan bapak guru, Mengapa memutuskan ingin menjadi pendidik?. Bagaimana perjalanan perjuangan sehingga akhirnya sampai di profesi hebat ini. 


Dengan menjadi guru hadir setiap hari untuk murid-murid hadir untuk terus menambah kapasitas diri misalnya melalui media Micro Learning ini kita telah menyadari kebutuhan untuk terus belajar secara mandiri apapun profesi yang dijalani. 


Kita memang perlu terus belajar, demikian juga dengan peran kita sebagai pendidik atau guru kita perlu terus belajar agar bisa menghantarkan murid-murid untuk berdaya dan menjadi manusia merdeka dengan kesadaran untuk terus belajar secara mandiri kita telah mengatur diri sendiri. Ini adalah bagian dari perjalanan kita menjadi manusia merdeka. 


Menurut Ki Hajar Dewantara manusia merdeka adalah manusia yang hidupnya bersandar pada kekuatan sendiri baik lahir maupun batin tidak tergantung pada orang lain. Jika kita mengharapkan murid-murid kita kelak menjadi pribadi yang mandiri dan Merdeka tentunya penting untuk mereka mengenali diri berdaya untuk menentukan tujuan dan kebutuhan belajarnya yang relevan dan kontekstual terhadap diri dan lingkungannya sebagaimana disampaikan oleh Ki Hajar Dewantara dalam dasar-dasar pendidikan. 


Maksud pendidikan itu adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat salah satu langkah awal kita sebagai pendidik adalah bagaimana memaknai dan menghayati pribadi kita sebagai manusia yang merdeka untuk terus belajar murid-murid kita kini memiliki cara belajar yang sungguh berbeda dengan kita dahulu mereka sangat fasih dan teknologi menjadikan internet sebagai salah satu sumber belajar utama mereka bisa dengan cepat mencari dan mengkonfirmasi pengetahuan dengan teknologi dalam genggaman. 


Mereka bisa menjangkau pengetahuan sekalipun tanpa kita beri, lantas ibu dan bapak guru Apa yang perlu kita selaraskan agar bisa menjadi pendidik yang relevan dengan konteks zamanmurid-murid kita memang sudah jauh berbeda dengan kita namun mereka tetap butuh kehadiran sosok pendidik. 


Ki Hajar Dewantara pernah menyampaikan pendidik itu menuntun tumbuh dan hidupnya kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak agar dapat memperbaiki lakunya, hidup dan tumbuhnya kekuatan kodak anak bukan dasarnya. 


Mari kita refleksikan bersama apa peran kita sebagai pendidik untuk dapat menuntun kekuatan kodrat dari murid-murid kita bagaimana kita bisa menjaga hidup dan tumbuhnya kekuatan kodrat murid murid kita belajar. Ibu dan bapak guru Terima kasih sudah memilih untuk hadir disini Terima kasih sudah memilih untuk meningkatkan kapasitas diri. Mari kita bersama terus belajar demi meraih tujuan pendidikan menjadi manusia merdeka yang kelak akan menuntun murid-murid kita menjadi manusia Merdeka pula salam dan bahagia ibu dan bapak guru hebat.  

0 komentar:

Post a Comment test