Tips Memilih Printer untuk Pelajar dan Mahasiswa

Sunday, July 10, 2022


Memilih printer memang tidak mudah, namun memiliki printer sendiri di rumah adalah salah satu penunjang produktivitas terutama jika sedang banyak tugas dan makalah yang harus diselesaikan. Kamu tidak perlu datang terlalu malam atau terlalu pagi untuk melakukan print dan fotokopi kalau sudah punya printer multifungsi (yang bisa Print, Scan dan Copy) sendiri. Berikut ini rekomendasi yang harus kamu baca terlebih dahulu sebelum memilih printer yang harganya terjangkau, supaya tidak salah pilih dan tetap bisa mendapatkan printer murah yang berkualitas baik:


1. Pilih printer jenis ink tank

Saat ini sudah banyak printer ink tank yang tersedia di pasaran. Mesin ink tank lebih baik daripada printer inkjet dan wadah tintanya akan menutup otomatis ketika refill sudah penuh, contohnya seperti seri PIXMA dari Canon. Seri PIXMA dari Canon merupakan generasi printer paling baru saat ini. Kamu juga bisa mengganti ink absorber sendiri di rumah, tidak perlu membawanya ke tukang service. Proses penggantiannya juga mudah dan tidak ribet. Dengan printer berjenis ink tank, kamu akan memiliki printer yang lebih awet dan mudah dalam digunakan. 


2. Fitur sama namun harga berbeda

Sudah mulai hunting harga printer Canon yang ada di pasaran, belum? Rata-rata harganya mulai dari 1-2 jutaan. Namun ada juga yang harganya di atas itu, tentunya dengan spesifikasi dan motor mesin yang berbeda. Lalu bagaimana kalau nanti kamu menemukan 2 printer dengan harga yang berbeda, namun fitur yang ditawarkannya sama, dan berasal dari merk yang sama?


Mungkin kamu akan bertanya-tanya, kira-kira apa faktor apa yang membuat harganya berbeda? Pertama, coba kamu cek nama seri dari printer yang harganya lebih mahal tersebut. Kedua, pelajari kapan rilisnya. Kemungkinan, harga jual yang lebih mahal meskipun fiturnya sama-sama bisa print, adalah karena mesin yang dirakit sudah lebih baru dan modern.


3. Hanya beli printer di toko resmi

Jangan pernah sekali-kali membeli printer dari tempat yang belum jelas keasliannya. Kita tidak akan pernah tahu kan, kalau barang yang dijual apakah benar-benar 100% asli, terutama bagian mesin di dalamnya. Selain itu, membeli di official store juga akan memberikanmu garansi produk resmi. 


Garansi resmi dari Canon misalnya, bisa memberikan perlindungan garansi sebanyak 3 tahun. Garansi 2 tahun akan otomatis kamu dapatkan saat membeli mesin printer, dan kalau kamu melakukan registrasi online akan mendapatkan tambahan garansi selama 1 tahun. 


Kesimpulannya, dengan memilih printer ink tank, kalian tidak perlu khawatir. Tidak akan ada lagi masalah klasik dalam pengisian tinta printer yang akan tumpah ke mana-mana, karena fitur printer ink tank dari Canon kini telah dilengkapi dengan tutup wadah yang akan menutup otomatis apabila sudah penuh  terisi. 


Nah, kamu bisa cek dahulu daftar lengkap harga printer Canon sekaligus menganalisa kelebihan fitur masing-masing seri PIXMA serta harga jual yang masih aman di kantong. Pada akhirnya, pilihan printer akan kembali lagi ke kebutuhanmu, kira-kira mana yang paling pas dengan kebutuhanmu saat ini? 

0 komentar:

Post a Comment test