Urgensi Profil Pelajar Pancasila

Sunday, July 10, 2022


Salam dan bahagia Ibu dan bapak guru Selamat datang di topik “Profil Pelajar Pancasila” mungkin diantara Ibu dan Bapak ada yang bertanyatanya. Apa itu Profil Pelajar Pancasila?. Mengapa perlu ada?.  

Adapun yang akan kita bahas adalah 7 urgensi mengapa Profil Pelajar Pancasila dibutuhkan dalam sistem pendidikan di Indonesia. 


1. Profil pelajar Pancasila sebagai bintang penuntun pembelajaran. Ibu dan bapak guru tujuan pendidikan nasional tercantum dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 3 : Pendidikan diselenggarakan agar setiap individu dapat menjadi manusia yang “beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab. Arah tujuan pendidikan nasional : “Menjadikan manusia Indonesia sebagai manusia yang merdeka” Ki Hadjar Dewantara. Petunjuk ini oleh Presiden Soekarno disebut “Leitstar” atau bintang penuntun.  Profil Pelajar Pancasila diharapkan menjadi Bintang Penuntun Pembelajaran menuju tujuan pendidikan nasional.


2. Profil Pelajar Pancasila sebagai upaya mencapai cita-cita bangsa. Adanya bintang penuntun pembelajaran menuju tercapainya tujuan pendidikan nasional, upaya untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. Untuk meraih cita-cita bangsa diperlukan misi yang realistis dan konkret. Dalam proses pembelajaran para pendidik diharapkan dapat membantu meraih cita-cita tersebut dengan mengembangkan profil pelajar Pancasila. Upaya ini perlu dilakukan secara kolektif dimana peran gotong-royong antar seluruh penyelenggara pendidikan menjadi penting.


3. Profil Pelajar Pancasila untuk menyiapkan warga negara sekaligus warga dunia. Seperti yang kita ketahui pada era global yang perkembangannya berjalan pesat dan tidak menentu, pengembangan profil pelajar Pancasila dapat berperan untuk menyiapkan pelajar Indonesia agar siap berpartisipasi dalam persaingan global dengan penuh percaya diri serta berkontribusi, dalam memecahkan masalah-masalah global. Sebelum dikembangkan menjadi warga dunia pengembangan Profil Pelajar Pancasila mengedepankan identitas sebagai warga negara Indonesia yang memiliki budaya dan nilai-nilai budaya yang kuat. Hal tersebut sejalan dengan 3 sifat atau Tri-Kon yang dicetuskan oleh Ki Hadjar Dewantara yaitu Kontinyu atau berterusan dengan alam kebudayaan dan akar masa lalu, konvergen dengan perkembangan kebudayaan dunia, konesentri atau menyatu dalam budaya universal secara berkepribadian. 


4. Profil pelajar Pancasila untuk kesejahteraan jiwa dan raga. Ibu dan bapak tantangan dan perubahaan zaman yang berkembang dengan pesat menimbulkan dampak positif maupun negatif. Dampak positif yang kita rasakan sekarang yaitu mudahnya akses informasi serta kemudahan teknologi untuk kebutuhan sehari-hari. Di sisi lain terdapat dampak sebaliknya seperti kecanduan gawai yang menyebabkan obesitas, dan kekurangan jam tidur atau depresi karena cyber bullying. Keadaan tersebut menuntut perlunya pendidikan yang menanamkan keseimbangan diri pada murid kita, sehingga murid dapat beradaptasi dengan perubahaan yang ada, dan memiliki jati diri yang kuat dalam menghadapi keadaan yang tidak menentu. Keseimbangan tersebut dapat dicapai melalui belajar olah pikir, olah rasa, olah karsa dan olahraga, sebagaimana dicetuskan oleh Ki Hadjar Dewantara. Olah pikir seperti kecerdasan intelektual, bernalar kritis,  kemampuan menyelesaikan masalah, cara berkomunikasi, berkreasi, serta yang menekankan pada kemampuan kognitif. Olahrasa menekan pada kepekaan atau sensitivitas, estetik, seta emosi. Olah karsa menumbuhkan rasa untuk mengaktualisasi diri, mengembangkan potensi untuk berpartisipasi dalam memajukan masyarakat. Sedangkan modal dasar untuk mendukung olah pikir, olah rasa, dan olah karsa adalah olahraga. Dari keempat kesatuan tersebut pengembangan profil pelajar Pancasila diharapkan untuk membantu pencapaian kesejahteraan lahir dan batin. 


5. Profil pelajar Pancasila sebagai rumusan karakter dan kompetensi abad 21.   Seperti yang tadi dijelaskan bahwa tantangan dan tuntutan zaman terus berkembang. Oleh sebab itu mempersiapkan pelajar Indonesia untuk memiliki kompetensi abad 21 sudah merupakan tuntutan yang tidak bisa ditunda.    Di era abad 21 ini kompetensi esensial yang harus dikembangkan adalah kemampuan menyelesaikan masalah atau problem solving. Kecakapan berpikir kritas, berkomunikasi, kreativitas dan kemampuan berkolaborasi. Kompetensi tersebut perlu didukung dengan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan sikap mandiri. Tuntutan, kompetensi dan karakter abad 21 inilah yang menjadi salah satu dasar dalam perumusan profil pelajar Pancasila. Perlu diingat ibu dan bapak bahwa tujuan pendidikan nasional tidak berubah dari awal dicetuskan. Adapun pengembangan profil pelajar Pancasila adalah upaya konkret dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional. 


6. Profil pelajar Pancasila sebagai lulusan. Untuk mencapai lulusan dengan Profil Pelajar Pancasila membutuhkan pembelajaran dengan paradigma baru, yaitu pembelajaran yang berorientasi pada penguatan kompetensi dan karakter yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila. Profil lulusan ini diharapkan terus menyatu dalam diri murid walaupun mereka telah menyelesaikan jenjang pendidikan formalnya. Murid dengan profil pelajar Pancasila tidak mengenal akhir dari proses belajar. Mereka akan menjadi pelajar sepanjang hayat. 


7. Profil pelajar Pancasila sebagai rujukan penyusunan kebijakan. Seperti yang sudah kita bahas, Profil pelajar Pancasila merupakan elaborasi dari tujuan pendidikan nasional. Profil ini berperan sebagai penunjuk arah kebijakan pendidikan di Indonesia. Selain itu juga menjadi rujukan untuk perancangan standar kompetensi lulusan dan pengembangan standar-standar lainnya. Dengan demikian kebijakan pendidikan yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah hingga satuan pendidikan menjadi selaras dan menuju tercapainya tujuan pendidikan nasional. 


Ibu dan bapak guru Profil pelajar Pancasila merupakan rumusan yang mendukung tercapainya visi, cita-cita dan tujuan utama pendidikan, sekaligus komitmen penyelenggara pendidikan dalam membangun sumber daya manusia Indonesia. Semoga apa yang sudah kita bahas dapat membantu ibu dan bapak memahami dasar dan tujuan dirumuskannya Profil pelajar Pancasila. Selamat belajar ibu dan bapak guru hebat! Salam dan bahagia. 

   

0 komentar:

Post a Comment test