Feb 23, 2023

ASUS Rayakan 10 Tahun Kepemimpinan di Pasar Laptop Indonesia

ASUS Rayakan 10 Tahun Kepemimpinan di Pasar Laptop Indonesia



Denpasar (22 Februari 2023) – ASUS kembali mengukuhkan diri sebagai pemimpin pasar laptop di Indonesia dengan penguasaan pasar lebih dari 40%. Pencapaian tersebut juga menandakan bahwa ASUS telah menjadi pemimpin pasar laptop di Indonesia selama satu dekade berturut-turut. 


“Menjadi pemimpin pasar selama 10 tahun berturut-turut merupakan pencapaian luar biasa bagi kami. Tentu saja hal tersebut tidak dapat dicapai tanpa dukungan dari masyarakat Indonesia yang telah mempercayai ASUS sebagai brand laptop pilihan nomor satu,” ujar Jimmy Lin, ASUS Southeast Asia Regional Director, dalam acara ASUS Indonesia “A Decade of Leadership” di Denpasar, Bali.


Kepemimpinan ASUS di pasar laptop Indonesia selama 10 tahun terakhir tidak terlepas dari kualitas produk. ASUS telah menghadirkan banyak sekali inovasi teknologi sepanjang 10 tahun terakhir mulai dari laptop ultra-ringkas dengan bezel layar tipis, laptop layar ganda, hingga laptop berperforma tinggi yang khusus dirancang untuk para konten kreator dan gamer.


Tidak hanya unggul dalam hal inovasi teknologi, ASUS juga menghadirkan layanan terbaik untuk para penggunanya di Indonesia. ASUS merupakan brand laptop dengan jaringan service center paling banyak dan jangkauan paling luas di Indonesia. Hingga saat ini ASUS memiliki 131 Service Point yang terdiri dari 29 ASUS Service Center dan 102 ASUS Service Partner. Pelanggan ASUS di Indonesia juga dapat melakukan tracking terhadap status perbaikan dan status garansi perangkatnya secara online. Ditambah oleh dukungan jaringan retail online dan offline yang menjangkau hingga ke pelosok Tanah Air, laptop ASUS semakin mudah untuk dijangkau oleh masyarakat Indonesia.


ASUS bahkan berkomitmen untuk turut serta membangun Indonesia, khususnya di sektor pendidikan. Bekerjasama dengan CT Arsa Foundation, ASUS mendonasikan 708 laptop yang sudah disalurkan ke berbagai kawasan di pelosok negeri sejak Desember 2022. 


Donasi ASUS kali ini sejalan dengan program pemerintah Indonesia dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan target menjadi Indonesia maju pada tahun 2045. Secara spesifik, donasi tersebut disalurkan untuk anak-anak kurang mampu ke sejumlah titik donasi seperti ke boarding school di Deli Serdang dan Sukoharjo, sampai ke sekolah di daerah terpencil seperti SD Redameter di Sumba dan SDI Hamahena di Lembata, Nusa Tenggara Timur.


“Sebagai pemimpin pasar laptop di Indonesia, ASUS berkomitmen penuh untuk memberikan yang terbaik untuk Indonesia. Tidak hanya sekadar menghadirkan produk terbaik, ASUS juga berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kepada konsumen, serta memberikan kontribusi secara langsung kepada Indonesia,” jelas Jimmy menambahkan.


Perjalanan Satu Dekade Memimpin Pasar Laptop di Indonesia

ASUS masuk ke pasar laptop Indonesia pada tahun 2008 dengan pangsa pasar hanya 1,5%. Berkat konsistensi pada inovasi dan fokus dalam menghadirkan pelayanan terbaik, pangsa pasar ASUS perlahan meningkat ke 5% pada tahun 2009, 10% pada tahun 2010, dan 15% pada tahun 2011. Pada awal tahun 2012, ASUS berhasil mencetak prestasi dan menjadi brand laptop dengan pangsa pasar nomor dua terbesar di Indonesia. Penguasaan pasar ASUS pada saat itu berada di angka 16% dengan 598.109 unit notebook dan netbook menurut data dari IDC. Setahun kemudian, pangsa pasar ASUS kembali meningkat drastis dan hanya terpaut 2% dengan posisi pertama di pasar laptop Indonesia.


Tidak lama setelah itu, ASUS berhasil menjadi pemimpin pasar laptop Indonesia dengan pangsa pasar 35,1%. Pada enam bulan pertama di tahun 2013, ASUS berhasil menorehkan prestasi dengan total penjualan mencapai 578.506 unit laptop di Indonesia. Sejak saat itu, pangsa pasar ASUS terus meningkat dan selama satu dekade berhasil menjadi pemimpin pasar laptop di Indonesia.


Dalam satu dekade terakhir, ASUS telah menjadi brand laptop yang paling banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia. Hingga kuartal ke-4 tahun 2022, ASUS mencatatkan penguasaan pasar sebesar 41,7% berdasarkan data aktivasi perangkat dari Microsoft. 


Inovasi Tanpa Henti

Inovasi merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari ASUS. Sejak pertama kali berdiri hingga saat ini, ASUS terus mengembangkan produk dengan berlandaskan kepada inovasi teknologi yang dapat membawa manfaat bagi para penggunanya. Selama satu dekade kepemimpinan di pasar laptop Indonesia, ASUS tidak pernah absen dalam menghadirkan inovasi teknologi terkininya untuk masyarakat Indonesia.


Salah satu inovasi terkininya adalah ASUS Display Innovation yang disokong oleh tiga pilar inovasi utama yaitu ASUS OLED Display, lalu ASUS Touch with ScreenXpert, dan ASUS Revolutionary Screen Design. ASUS OLED merupakan teknologi layar di laptop ASUS yang dapat menghadirkan kualitas visual terbaik, yaitu mampu menghasilkan warna yang kaya serta akurat, aman untuk kesehatan mata, serta mendukung berbagai teknologi visual modern.


ASUS Touch with ScreenXpert merupakan inovasi teknologi yang memungkinkan pengguna laptop ASUS dengan layar sentuh mendapatkan pengalaman penggunaan yang lebih baik. Disokong oleh aplikasi ScreenXpert, pengguna laptop ASUS dengan layar sentuh kini dapat berinteraksi dengan laptopnya secara lebih mudah, bahkan tanpa perlu bergantung pada perangkat tambahan lainnya.


Sementara ASUS Revolutionary Screen Design merupakan desain layar eksklusif yang hanya bisa dijumpai di laptop ASUS, seperti desain layar ganda di Zenbook Pro 14 Duo OLED. Hingga saat ini ASUS merupakan produsen laptop yang paling banyak menghadirkan laptop layar ganda. Hadir dengan nama ScreenPad dan ScreenPad Plus, teknologi layar ganda di laptop ASUS diciptakan untuk membantu penggunanya untuk dapat lebih produktif. Selain laptop layar ganda, ASUS juga menghadirkan laptop layar lipat melalui Zenbook 17 Fold OLED. Laptop futuristik tersebut pun kini telah tersedia di pasar Indonesia.


Di Indonesia, ASUS tidak hanya menghadirkan laptop untuk kebutuhan sehari-hari seperti bekerja, belajar, dan menikmati hiburan. Didukung oleh inovasi teknologi seperti ASUS Display Innovation, ASUS memiliki rangkaian laptop khusus untuk para konten kreator dan insan kreatif di Indonesia. Diberi nama ASUS Creator Series, jajaran laptop yang tergabung di lini tersebut hadir dengan fitur serta performa yang dirancang untuk mendukung aktivitas para konten kreator.


Berbagai fitur eksklusif seperti ASUS Dial dan ASUS DialPad hanya dapat ditemukan di lini laptop ASUS Creator Series. Laptop yang tergabung di lini ASUS Creator Series juga dibekali dengan driver khusus, seperti NVIDIA Studio Driver yang telah dioptimalisasi secara khusus agar dapat menjalankan berbagai aplikasi kreatif dengan baik.


Tidak hanya sekadar menghadirkan laptop yang dapat mempermudah aktivitas para konten kreator, ASUS juga memberikan platform khusus untuk mereka. Zencreator merupakan sebuah platform komunitas bagi para konten kreator di Indonesia untuk dapat saling berbagi dan berinteraksi. Hingga saat ini terdapat lebih dari 4.000 konten kreator dari seluruh penjuru Indonesia yang telah bergabung di Zencreator.


Fokus ASUS di Tahun 2023

Selain tetap menghadirkan produk dengan inovasi terdepan serta berteknologi terkini, di tahun 2023 ASUS akan fokus dalam menghadirkan laptop berperforma tinggi. Meningkatnya kebutuhan akan laptop berperforma tinggi di masyarakat Indonesia, khususnya bagi para konten kreator, menguatkan komitmen ASUS dalam menghadirkan lebih banyak laptop yang dibekali dengan hardware serta spesifikasi paling powerful di kelasnya.


ASUS juga akan meningkatkan fokus pada kualitas layar laptop. Hingga saat ini ASUS merupakan produsen laptop dengan pangsa pasar terbesar untuk laptop berbasis layar OLED di Indonesia. Teknologi layar ASUS OLED yang kini hadir di berbagai lini laptop ASUS telah menjadi standar baru untuk layar laptop di Indonesia. Di tahun 2023, ASUS berkomitmen untuk menghadirkan lebih banyak laptop dengan layar berteknologi ASUS OLED sehingga masyarakat Indonesia dapat menikmati sajian visual terbaik yang sekaligus dibekali fitur untuk melindungi kesehatan mata penggunanya.

ASUS Rayakan 10 Tahun Kepemimpinan di Pasar Laptop Indonesia
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon