Mar 27, 2023

Ini Dia ASUS ExpertBook P1 (P1412), Laptop Pertama ASUS Produksi Indonesia

Ini Dia ASUS ExpertBook P1 (P1412), Laptop Pertama ASUS Produksi Indonesia

ASUS ExpertBook P1 (P1412)

ASUS kembali meresmikan ketersediaan laptop terbaru untuk segmen bisnis di pasar Indonesia dengan mengeluarkan produk terbarunya yang diberi nama ASUS ExpertBook P1412, laptop yang ditujukan untuk berbagai sektor industri dengan berbagai skala bisnis, mulai dari UMKM sampai korporasi, dan tentunya juga ditujukan untuk instansi pemerintahan.


Seperti diketahui, saat ini pemerintah Indonesia terus berupaya meningkatkan pertumbuhan industri dalam negeri, dan salah satu industri yang didorong untuk tumbuh adalah industri laptop. Kebijakan TKDN singkatan dari Tingkat Komponen Dalam Negeri pun diberlakukan, terutama di sektor pemerintahan yang menggunakan APBN dan APBD, termasuk BUMN dan BUMD.


“Di manapun berada, kami selalu tunduk dan patuh terhadap regulasi pemerintah, termasuk Indonesia,” sebut Jimmy Lin, Regional Director ASUS South East Asia. “Adalah tanggung jawab kami sebagai produsen laptop consumer terbesar di Indonesia selama 10 tahun terakhir untuk berkontribusi pada pertumbuhan industri dengan comply pada regulasi pemerintah,” sebutnya.


Sebagai produsen utama di industri laptop di Indonesia, ASUS selalu patuh dengan kebijakan pemerintah. Terbukti, sejak kuartal keempat 2022, ASUS mulai mengembangkan produksi laptop di Indonesia dan ExpertBook P1 (P1412) series merupakan produk perdananya. Laptop tersebut juga sudah mulai didistribusikan di awal 2023.


“Dalam mewujudkan visi dan misi pembangunan industri, ASUS dengan bangga berkontribusi dalam meningkatkan peran sektor industri dalam perekonomian nasional. Perlahan tapi pasti, industri Indonesia 4.0 terwujud,” sebut Yulianto Hasan, Director of Commercial Product, ASUS Indonesia.


Ke depan, Yulianto menambahkan, ASUS Indonesia tentu akan mengembangkan lini produksi laptop dalam negeri. “Dengan memproduksi laptop di Indonesia, kami berharap ASUS bisa berkontribusi terhadap pembangunan, transfer teknologi pada anak bangsa dan juga membuka lapangan pekerjaan baru,” tambahnya.



Tersedia dalam Berbagai Konfigurasi

Sesuai dengan target pasar yang dituju, laptop untuk segmen bisnis ataupun industri harus fleksibel dari sisi konfigurasi spesifikasi. Untuk aspek ini, ASUS ExpertBook P1412 pun tersedia dalam pilihan spesifikasi yang sangat beragam. 


Tak hanya itu, berbeda dengan segmen consumer, produk untuk segmen B2B harus tersedia dalam kuantitas besar. Untuk itu, ASUS memilih untuk memproduksi ExpertBook P1 (P1412) dengan Intel® Core™ generasi ke-11 yang bisa diproduksi dengan kuantitas berapapun.


ASUS ExpertBook P1 (P1412) merupakan laptop basic yang menghadirkan performa bertenaga serta visual yang immersif. Tersedia dalam pilihan prosesor Intel® Core™ i3 sampai Intel® Core™ i7, ia hadir dengan NanoEdge display dan layar dengan sudut pandang hingga 178° lengkap dengan lapisan matte anti-glare untuk experience yang lebih nyaman.


Di dalam body laptop yang ringkas, prosesor Intel® Core™ ditemani oleh RAM DDR4-3200MHz berkapasitas hingga 24GB. Kapasitas RAM yang besar  dan dapat di-upgrade ini tentu akan sangat bermanfaat bagi berbagai industri yang membutuhkan platform kerja yang bisa digunakan dalam jangka panjang.


Untuk storage, pengguna bisa menikmati penyimpanan kecepatan tinggi dan sekaligus berkapasitas luas. Ya, dual-storage design yang digunakan oleh laptop, bisa menampung SSD PCIe hingga kapasitas 1TB dan juga harddisk ataupun SSD SATA yang lebih terjangkau, dengan berkapasitas hingga 1TB.


Perlindungan Skala Enterprise

ASUS ExpertBook P1 (P1412) menyediakan beraneka ragam perlindungan standar industri, baik secara hardware ataupun software. Untuk bisnis dan instansi pemerintahan, tentunya fasilitas ini sangat krusial dan wajib ada di sebuah laptop.


Dari sisi hardware, laptop ini menggunakan reinforced chassis, reinforced lid serta E-A-R HDD protection. Meskipun secara desain laptop ini serupa dengan laptop di seri consumer, namun reinforced chassis membuat daya tahan fisik laptop ini jauh lebih kuat. Di dalamnya terdapat tambahan pelat metal yang membuat komponen di dalam lebih tahan terhadap guncangan ataupun benturan. Tak hanya lebih kuat, reinforced chassis juga meningkatkan kenyamanan mengetik.

 

Tak hanya di area keyboard, reinforced lid juga membuat area bezel menjadi lebih solid untuk menghindari kerusakan layar yang lebih parah saat kecelakaan fisik terjadi. Ia juga memungkinkan cover laptop dibuka-tutup dengan sangat smooth. Adapun E-A-R HDD shock dampening akan melindungi data Anda dari guncangan ataupun benturan yang mungkin terjadi saat kita menggunakan laptop dalam keseharian.


Keamanan dan Kemudahan Pengelolaan

Berhubung ditujukan untuk industri, laptop ini juga menyediakan opsi pengamanan dan pengelolaan yang lebih mudah, khususnya bagi para manajer IT perusahaan. Dari sisi sistem pengamanan, ASUS ExpertBook P1 (P1412) hadir dengan sistem pengamanan yang kuat untuk memastikan data dan informasi rahasia tidak bocor ke luar.


Pada laptop ini juga tersedia pengamanan hardware berupa TPM 2.0 (Firmware TPM) untuk memastikan para penyerang tidak bisa menerobos sistem operasi dan melakukan pencurian data. Untuk fisik laptop, tersedia pula security lock yang mencegah laptop dicuri khususnya saat ditempatkan di lokasi yang kurang terjaga dengan baik.


Dari sisi kemudahan pengelolaan, laptop ini juga menyediakan ASUS Control Center dan ASUS Business Manager. ASUS Control Center berguna untuk memberikan kemudahan untuk memonitor, pengelolaan secara remote dengan antarmuka yang sangat mudah digunakan.


Untuk kemudahan pengelolaan lebih lanjut, terdapat ASUS Business Manager bisa mengamankan data-data di storage, melakukan setting system dan menghapus total data, sampai mengunci port USB dan melarang pengubahan di sistem operasi. Inilah yang membuat ASUS ExpertBook P1 (P1412) merupakan laptop yang sangat tepat untuk bisnis dan instansi, apapun lini industrinya.




Spesifikasi

ASUS ExpertBook P1 (P1412)

CPU

Intel® Core™ i3-1115G4 Processor (6MB Cache, 2 core 4 thread up to 4.1GHz)

Intel® Core™ i5-1135G7 Processor (8MB Cache, 4 core 8 thread up to 4.2GHz)

Intel® Core™ i7-1195G7 Processor (12MB Cache, 4 core 8 thread up to 5GHz)

Operating System

Windows 11 Home / Windows 11 Pro

Memory

4GB/8GB DDR4-3200 onboard, upgradable to 24GB (1x SO-DIMM slot)

Storage

256GB/512GB/1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD

SATA slot up to 1TB SATA 5400RPM 2.5" HDD

Display

14.0-inch, FHD (1920 x 1080) 16:9, Anti-glare display, LED Backlit, 250nits, NTSC: 45%, Screen-to-body ratio: 82%

14.0-inch, FHD (1920 x 1080) 16:9, TN, Anti-glare display, LED Backlit, 220nits, NTSC: 45%, Screen-to-body ratio: 82%

14.0-inch, HD (1366 x 768) 16:9, TN, Anti-glare display, LED Backlit, 200nits, NTSC: 45%, Screen-to-body ratio: 82%

Graphics

Intel® UHD Graphics

Intel® Iris® Xe Graphics (for Intel® Core™ i5/i7 with dual channel memory)

Input/Output

1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-C, 2x USB 2.0 Type-A, 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x DC-in

Connectivity

Wi-Fi 6(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth® 5.1

Camera

720p HD camera

Audio

SonicMaster Audio by ICEpower® with Cortana support

Battery

37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion

Dimension

32.54 x 21.60 x 2.04 ~ 2.04 cm

Weight

1.5Kg

Price

Starts from Rp5.999.000

Warranty

Up to 3 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS Expert Warranty


Ini Dia ASUS ExpertBook P1 (P1412), Laptop Pertama ASUS Produksi Indonesia
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon