ads

10 Produsen Ponsel Terbesar Di Dunia

Jumat, 07 Juni 2013

Ponsel sudah merambah ke seluruh dunia, dari negera maju hingga negara miskin sekali pun sudah tersedia. Orang-orang di seluruh dunia membeli ponsel atau smartphone untuk berbagai macam kebutuhan, dari mulai untuk komunikasi sampai untuk unjuk gengsi. 


Banyak perusahaan besar yang membuat ponsel selama satu dekade ini, mereka berlomba-lomba untuk membuat ponsel atau smartphone terbaik di kelasnya masing-masing. Dari sekian banyak perusahaan smartphone yang beredar saat ini, hanya ada beberapa perusahaan pembuat ponsel atau smartphone yang mampu bertahan di posisi teratas, karena produk-produknya tetap diminati pasar dan ditunggu penggemarnya di seluruh dunia. 


Berikut 10 produsen ponsel terbesar di dunia

  1. Samsung. Perusahaan yang berbasis di Korea Selatan ini berhasil mencapai posisi teratas setelah mengeluarkan produk dengan nama Galaxy. Lee-Byung-Chull mendirikan Samsung pada tahun 1938. Perusahaan ini memiliki kekuatan tersendiri di Korea Selatan baik secara ekonomi, politik, media dan budaya. Pendapatannya sama dengan 17 persen PDB Korea Selatan atau sekitar 1,082 Trilyun USD. Tahun ini Samsung mulai membangun pabrik ponsel terbesar dunia di Thai Nguven Vietnam. Perusahaan ini dikenal untuk menawarkan ponsel berkualitas memiliki semua fitur seperti tampilan dan nuansa di luar sementara fungsi yang luar biasa di dalamnya. Kekuatan Samsung terlihat di hampir semua bagian dari pasar ponsel terbarunya seperti Samsung Galaxy S III dan Galaxy S IV. 
  2. Nokia. Perusahaan yang berkantor pusat di Espoo Finlandia. Nokia merupakan Vendor ponsel terbesar pada tahun 1998-2012. Namun, mulai mengalami penurunan pangsa pasar sejak munculnya smartphone dengan sistem operasi Android. Nokia bermitra dengan Microsoft pada Februari 2011. Perusahaan ini kemudian meluncurkan smartphone seri Lumia-nya yang berjalan dengan platform Windows. Saat ini Nokia sudah mengeluarkan berbagai seri Lumia seperti 920, 925, 928, 520, 820 dan 620. Nokia didirikan pada tahun 1965 oleh Fredrick Idestam. Symbian OS merupakan salah satu sistem operasi yang banyak digunakan sebelum Windows Phone masuk. 
  3. Apple. Perusahaan yang bermarkas di Cupertino Amerika Serikat ini merupakan raksasa telah membuat perubahan besar dalam perangkat mobile dan komputasi. Merek yang terkenal dengan sistem operasi iOS-nya yang menawarkan kinerja dengan kualitas yang luar biasa. Sebelumnya Apple dikenal sebagai Apple Computer, dengan produknya yang paling terkenal yakni Mac, pemutar musik iPod, smartphone iPhone dan tablet iPad. Apple merupakan perusaha teknologi dengan pendapatan terbesar kedua di dunia setelah Samsung Electronics, dan pembuat ponsel terbesar ketiga di dunia setelah Samsung dan Nokia. Pendapatan tahunan perusahaan ini pada tahun 2012 di seluruh mencapai 156 Milyar USD. Produknya seperti iPhone 5 dan iPhone 4S telah menjadi smartphone terkemuka di dunia. 
  4. ZTE. Perusahaan yang memiliki kantor pusat di China ini merupakan produsen ponsel terbesar keempat di dunia berdasarkan penjualan pada tahun 2012. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1985 oleh sekelompok BUMN China dibawah Departemen Aerospace China. Produk ZTE banyak digemari oleh negara-negara seperti Jerman, Hong Kong, Australia dan Amerika Serikat. Sebagian besar ponsel yang diperkenalkan oleh perusahaan ini memiliki harga yang lebih rendah. Smartphone terbaru ZTE adalah Grand S, Grand Memo dan Grand X2, yang telah membuat kemajuan yang mengesankan. Pendapatan ZTE sekitar 108 Milyar USD. 
  5. LG. Perusahaan yang berbasis di Korea ini dianggap sebagai perusahaan yang kuat di pasar ponsel dengan pendapatan sekitar 89 Milyar USD. Perusahaan ini meruapakan perusahaan terbesar keempat di Korea Selatan setelah Samsung, Hyundai Motors dan SK Group. Saat ini LG menggelontorkan Smartphone Google Nexus 4, LG Optimus G, G Pro dan 4X HD. 
  6. Huawei. Perusahaan multinasional yang bermarkas di Guangdong Cina ini merupakan produsen peralatan telekomunikasi terbesar di dunia, setelah itu disusul Ericsson.Didirikan pada tahun 1988 oleh Ren Zhenfei dengan misi untuk memberikan layanan operasional dan konsultasi peralatan untuk perusahaan dalam dan di luar Cina, dan manufaktur perangkat komunikasi untuk pasar konsumen. Perusahaan ini menyediakan ponsel berkualitas seperti Huawei Ascend P6-U06 yang diklaim sebagai smartphone tertipis didunia. Huawei juga menyediakan layanan yang baik dan memiliki pendapatan sekitar 19 Miliar USD. 
  7. Blackberry. Produsen smartphone yang awalnya bernama Research In Motion ini baru-baru ini mengeluarkan produk terbarunya dengan nama BlackBerry Z10 dan Q10. Di antara iOS, Android dan Windows Phone, Blackberry juga dianggap sebagai merek utama di pasar Smartphone. Ketenaran BlackBerry karena fitur perpesanannya yang dikenal dengan BlackBerry Messenger. Pada tahun 2012, ada sekitar 80 juta pelanggan Blackberry di seluruh dunia. Karibia dan Amerika Latin memiliki penetrasi tertinggi smartphone Blackberry di seluruh dunia dengan sekitar 45 persen di wilayah tersebut yang memiliki perangkat BlackBerry. 
  8. Motorola. Perusahaan pembuat peralatan telekomunikasi tertua yang bermarkas di Illinios Amerika Serikat. Perusahaan ini mengalami kerugian sebanyak 4,3 Milyar USD pada tahun 2007 hingga 2009. Kemudia perusahaan ini dipisah menjadi Motorola Mobility dan Motorola Solutions. Motorola sebagai pelopor telepon selular dengan mengeluarkan produk yang diberi merek Motorola. Pada tahun 2011, diakuisisi oleh Google 12,5 milyar USD. Produk terbarunya yang banyak ditunggu adalah Moto X yang konon akan dibuat di Amerika. 
  9. Sony. Perusahaan yang berbasis di Jepang telah membuat banyak produk elektronik berkualitas tinggi. Secara resmi dikenal sebagai Sony Corporation, didirikan oleh Akio Morita dan Masaru Ibuka pada tahun 1946. Awalnya berkolaborasi dengan Ericsson, dengan berganti menjadi Sony Ericsson. Namun baru-baru ini menggunakan nama sendiri Sony. Baru-baru ini Sony meluncurkan smartphone Sony Xperia Z dengan desain yang tahan air dan debu dengan ukuran layar 5 inci serta memiliki kamera 13 megapiksel. 
  10. HTC. Perusahaan asal Taiwan ini baru saja meluncurkan smartphone terbarunya yang diberinama HTC X One. Perusahaan yang didirikan oleh Cher Wang dan Peter Chou pada tahun 1997 ini, menjadi penggagas munculnya Smartphone dengan sistem operasi Windows. Tapi setelah kemunculan Android, HTC mulai menyasar segmentasi sistem operasi Android dan mampu menjual smartphone HTC One X Plus dan HTC 8X bak kacang goreng. Sampai sekarang HTC telah mengalami peningkatan pendapatan yang cukup signifikan yakni sebanyak 48 persen setelah penjualan HTC One, dengan pendapatan 3,06 milyar USD pada periode Januari hingga Mei 2013.

7 komentar for 10 Produsen Ponsel Terbesar Di Dunia:

  1. info yang bermanfaat, tq, salam kenal :D

    BalasHapus
  2. wah padalan ane pendukung NOKIA tpi gpplah SAMSUNG kan specnya juga mumpuni muda2an NOKIA makin maju ya gan !!!

    BalasHapus
  3. Ane juga pndukung N0kia..
    Smoga nokia lebih meningkat lagi fitur-fiturnya.

    BalasHapus
  4. saya menghandalkan hp evercoss. semoga tambah maju jaya.

    BalasHapus
  5. Motorola andalan ku... salam hello moto

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam