Ini Perbedaan iPhone XS Max dan iPhone XS

Jumat, 14 September 2018
iPhone 8 Plus dengan iPhone XS Max (Gambar GSMArena.com)

Apple memperkenalkan tiga smartphone terbarunya di ajang Apple Event yakni iPhone XS, iPhone XS dan iPhone XR. Banyak yang bertanya apa bedanya iPhone XS dan XS Max?. Biasanya smartphone dengan nama Max memiliki kelebihan pada baterai berkapasitas besar tetapi bagaimana dengan iPhone? Sekarang akan kita ulas perbedaan iPhone XS Max dan iPhone XS. 


Apple iPhone XS Max 

iPhone XS Max merupakan iPhone dengan layar terbesar dalam sejarah dengan menggunakan layar AMOLED 6,5 inci yang ekspansif. Bezelnya sangat tipis, dengan aspek rasio 19,5: 9 dan tetap memiliki takik. 

Layar baru pada iPhone XS Max pada dasarnya memiliki lebar yang sama dengan panel 5.5 inci pada iPhone 8 Plus, tetapi ketinggiannya berbeda. Layar yang digunakan menggunakan Super Retina baru yang mempertahankan kepadatan piksel 458ppi dengan resolusi hingga 1.242 x 2.688 piksel. 

Untuk hasil warna layar yang lebih mulus, lapisan penginderaan sentuh layarnya berjalan pada 120Hz (tetapi UI masih menggunakan 60fps). Layar masih mendukung HDR10 dan Dolby Vision, tetapi jangkauan dinamisnya telah ditingkatkan hingga 60%. 
Kamera depan iPhone XS Max

Touch ID dihilangkan dan diganti dengan Face ID untuk keamanannya. Apple menolak untuk memindahkan pembaca sidik jari ke bagian belakang, meninggalkan pemindai wajah 3D sebagai satu-satunya metode otentikasi biometric, dan berganti dengan pengenalan wajah yang dianggap paling aman dibandingkan dengan fitur keamanan lainnya.

Smartphone ini menggunakan kamera ganda 12MP. Kamera utama memiliki fitur kamera dengan sudut lebar dengan sensor serba baru dengan piksel yang lebih besar yakni 1.4μm, Bukaan tetap pada aperture f/1.8. Sedangkan kamera keduanya yakni kamera telefoto menggunakan sensor 12MP, lensa f/ 2.4 dengan zoom optik 2x (dan memiliki OIS). 

Rendering bokeh yang diperbarui memungkinkan penggunanya menyesuaikan kedalaman bidangnya setelah pengambilan foto. Sedangkan chipset yang digunakan A12 Bionic yang dilengkapi dengan fitur Smart HDR. Kemampuan shutter lag nol, kameranya mampu menangkap buffer 4 frame, juga menangkap interframe, ditambah eksposur panjang, yang semuanya digabungkan menjadi satu foto dengan jangkauan dinamis yang mengagumkan.

Kamera selfienya juga telah ditingkatkan dengan menggunakan sensor 7MP RGB telah ditingkatkan sehingga bermanfaat bagi yang hobi selfie atau wefie. Rekaman videonya sudah mendukung audio stereo dan rentang dinamis yang lebih luas. 

Model iPhone XS memiliki sasis baja tahan karat dan formulasi baru untuk kaca anti gores, Apple mengklaim ini merupakan smartphone yang paling tahan lama. Apple juga menambahkan kemampuan smartphone ini tahan terhadap air dengan sertifikat IP68, sehingga iPhone ini bisa bertahan selama selama setengah jam di bawah 2 meter di dalam air. 

Apple iPhone XS Max memiliki penyimpanan internal 64GB, tetapi kapasitas tertinggi bisa mencapai 512GB untuk menjawab tantangan dari smartphone flagships Android. 

iPhone XS

Apple iPhone XS 
Apple iPhone XS adalah smartphone yang memiliki tidak terlalu banyak perubahan baik dari fitur maupun perangkat kerasnya. Chipset yang digunakan adalah Apple A12 Bionic yang diklaim akan mengalahkan kinerja smartphone flagship Android. 

Smartphone ini memiliki opsi penyimpanan memori internal 512GB, tetapi ada juga yang menggunakan memori 64GB dan versi 256GB juga. Smarphone ini menggunakan chipset 7nm pertama yang meramaikan pasar smartphone.

Smartphone ini menggunakan 6-core (2 besar + 4 kecil), ditambah GPU 4-core dan mesin neural 8-core baru, yang menambahkan hingga 6,9 miliar transistor semua dirancang oleh Apple. 

Chipset terbaru dari Apple ini diklaim dengan core besar lebih cepat 15% dan lebih hemat daya 40% daripada core A11. Penggunaan daya dari inti kecil telah dipotong setengahnya. GPU menawarkan kinerja 50% lebih tinggi dan bandwidth memori lebih tinggi berkat kompresi lossless. 

Mesin neural hanya memiliki dua kali jumlah inti dibandingkan generasi sebelumnya, tetapi lebih kuat karena dapat melakukan 5 triliun operasi naik dari sebelumnya hanya 600 miliar operasi. 

Layar 5,8 inci dari iPhone XS memiliki resolusi yang sama seperti model tahun lalu yakni 1.125 x 2.436 piksel. Kepadatan piksel sama dengan model Max, sama untuk tingkat frame sentuh (120Hz). Apple juga meningkatkan speaker stereo untuk memberikan suara yang lebih luas. 

iPhone XS memiliki pilihan warna emas, silver dan space grey atau abu-abu. Apple memperkenalkan fungsi Dual SIM. Harga iPhone XS (64GB) dibanderol mulai dari 1.000 USD atau setara dengan Rp. 14,7 jutaan. Smartphone ini akan mulai preorder pada tanggal 14 September ini dan diluncurkan pada 21 September mendatang, seperti dikutip dari GSMArena.com (13/09/2018).

0 komentar:

Posting Komentar test