Jul 23, 2016

Cara Menghitung Minggu Efektif

Cara Menghitung Minggu Efektif

Rincian Minggu Efektif tahun pelajaran 2016/2017

Untuk bapak dan ibu guru tentu sudah mengenal dan memahami dengan yang namanya minggu efektif. Minggu efektif adalah jumlah minggu yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran tiap semester berdasarkan kalender pendidikan. Setiap semester tentu minggu efektifnya selalu berubah-ubah disesuai dengan kalender tahun berjalan. 

Cara menghitung minggu efektif sebenarnya sangat mudah, dalam setiap awal bulan yakni tanggal 1 akan jatuh pada hari yang berbeda. Jika dalam satu minggu tersebut memiliki 3 hari atau lebih hari efektif maka terhitung 1 minggu efektif. Sedangkan untuk minggu yang kurang dari 3 hari efektif maka tidak dihitung minggu efektif.
Kalender Bulan Juli 2016 (Foto kalender-indonesia.com)
Nah tentu masih ada yang bingung cara menghitung jumlah minggu efektif. Sebagai contoh kalender bulan Juli 2016, tanggal 1 jatuh pada hari Jumat maka hari efektif hanya hari Jum’at dan Sabtu maka tidak dihitung minggu efektif karena hanya 2 hari. Mulai dihitung dari hari Senin tanggal 4 sampai Sabtu tanggal 9 masuk minggu pertama, kemudian hari Senin tanggal 11 sampai Sabtu tanggal 16 masuk minggu kedua, lalu hari Senin tanggal 18 sampai Sabtu tanggal 23 masuk minggu ketiga, dan hari Senin tanggal 25 sampai Sabtu tanggal 30 masuk minggu keempat. 

Karena awal semester ganjil jatuh pada tanggal 18 Juli maka minggu efektif untuk bulan Juli hanya 2 minggu efektif. Begitu juga dengan perhitungan minggu efektif bulan-bulan berikutnya. Minggu efektif bisa berkurang jumlahnya karena ada beberapa hal yang sudah terjadwal seperti UTS (Ujian Tengah Semester), UAS (Ujian Akhir Semester), UKK (Ulangan Kenaikan Kelas), UN (Ujian Nasional), Porseni (Pekan Olahraga dan Seni) dan lain sebagainya. 

Bagi Anda yang membutuhkan Minggu Efektif Tahun Pelajaran 2016/2017 silakan download di sini. Download Minggu Efektif Tahun Pelajaran 2016/2017. Tinggal diubah jumlah jam pelajaran dalam seminggunya disesuaikan dengan mata pelajaran yang diampu. Selamat mencoba 
Cara Menghitung Minggu Efektif
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon