Rangkuman Materi IPS Kelas 7 Bab III Tentang Tindakan, Motif dan Prinsip Ekonomi

Thursday, January 21, 2021

 


Tujuan Pembelajaran:

Setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan, peserta didik diharapkan dapat menjelaskan hubungan antara tindakan, motif dan prinsip ekonomi.


3.  Tindakan, Motif, dan Prinsip Ekonomi

Tindakan ekonomi adalah segala kegiatan manusia untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya. Alam melakukan tindakan ekonomi, manusia harus dapat mengatur agar pengeluaran tidak lebih besar dari pendapatan.


Tindakan manusia dalam memenuhi kebutuhan dipengaruhi oleh motif ekonomi. Motif ekonomi dapat berasal dari dalam diri sendiri (motif intrinsic) dan dari luar (motif ekstrinsik). 


Motif ekonomi adalah keinginan atau alasan yang mendorong manusia untuk melakukan tindakan ekonomi keinginan atau motif yang mendorng manusia melakukan kegiatan ekonomi. 


Motif Ekonomi dapat dibedakan menjadi empat macam, antara lain sebagai berikut:

a. Motif memenuhi kebutuhan

Motif paling penting yang mendorong manusia melakukan kegiatan ekonomi, yaitu ingin memenuhi kebutuhan untuk mencapai kemakmuran. 

b. Motif berbuat sosial

Rasa kemanusiaan selalu ada pada setiap orang, selain ingin memenuhi kebutuhan manusia punya keinginan untuk menolong orang lain atau ingin membantu sesama manusia. Contohnya memberikan ssumbangan kepada yatim piatu, fakir miskin dan orang yang terkena bencana. 

c. Motif mendapatkan penghargaan 

Penghargaan yang dimaksud bukan sekedar mendapat pujian atau piagam tetapi juga ingin status sosial yang lebih tinggi dari masyarakat sekitar. Siswa belajar untuk mendapatkan peringkat pertama di kelasnya. 

d. Motif memperoleh kekuasaan 

Motif ini mendorong seseorang melakukan tindakan ekonomi untuk dapat memperoleh kekuasaan. Untuk melakukan tindakan ekonomi dan motif ekonomi yang efektif dan efisien diperlukan prinsip ekonomi. Seseorang membuka perusahaan untuk memberikan kesempatan kerja kepada orang lain. 

Selain itu ada Aspek Motif Ekonomi dibagi menjadi : 

1. Motif ekonomi intrinsik adalah sebuah dorongan untuk melakukan tindakan ekonomi yang berasal dari dalam diri sendiri (kesadarannya sendiri).

2. Motif ekonomi ekstrinsik adalah sebuah dorongan untuk melakukan tindakan ekonomi yang berasal dari pihak luar (dorongan dari orang / pihak lain).


Sedangkan Prinsip ekonomi adalah usaha untuk memperoleh hasil maksimal dengan pengorbanan yang sekecil-kecilnya. 


Mudah-mudahan rangkuman materi ini bermanfaat bagi Anda semua. 


Berikut game interaktif materi IPS Kelas 7 Semester Genap Materi Tindakan, Motif dan Prinsip Ekonomi



1 komentar on Rangkuman Materi IPS Kelas 7 Bab III Tentang Tindakan, Motif dan Prinsip Ekonomi

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam